RSKK Inovasi Layanan Kesehatan Pekerja

BANDUNG – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya para pekerja, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Bandung telah berkolaborasi dengan mendirikan rumah Rumah Sakit Kesehatan Kerja (RSKK)

Direktur RSKK dr. Rd. Vini Adiani Dewi mengatakan, sebetulnya RSKK ini sudah berdiri sejak lama. Dulu namanya Balai Kesehatan Kerja Masyarakat (BKKM). Namun, seiring perkembangan perubahan status pelayanan kesehatan akhirnya berubah menjadi RSKK.

‘’Mungkin agar masyarakat lebih tahu, RSKK bertempat di Desa Nanjung Mekar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. RSKK ini berkonsentrasi terhadap pelayanan Kesehatan kerja,’’jelas Vini ketika ditemui di Gedung Sate, Jumat, (6/12).

Dia mengatakan, sebetulnya RSKK merupakan bentuk inovasi baru pelayanan kesehatan yang baru pertamakali ada di Indonesia. Sebab, pelayanan yang difokuskan untuk kalangan pekerja hanya ada di provinsi Jabar.

‘’Jadi kami yakin bahwa ini akan didukung oleh semua pihak karena ini adalah bentuk kolaborasi, bentuk inovasi sesuai dengan visi dan misi Bapak Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Bapak Uu Ruzanul Ulum,” Ucap Vini.

Vini memastikan, RSKK pada awal 2020 nanti akan beroprasi penuh untuk melayani masyarakat luas dengan dilengkapi berbagai perlengkapan kesehatan. Bahkan secara legalitas RSKK sudah mendapatkan rekomendasi dan izin dari kementrian kesehatan.

“Sekarang proses menuju rumah sakit kesehatan kerja itu sudah dimulai sudah ada kabar waktu kemarin rapat dengan Kementerian Kesehatan. Ya mudah-mudahan pada awal tahun 2020 sudah keluar izinnya dan mulai beroprasi melayani masyarakat,” kata dia.

Vini menilai, keberdaan RSKK sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya dikalangan para pekerja/buruh. Terlebih di wilayah Bandung Timur merupakan kawasan industri.

Untuk itu, pihaknya optimis mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik itu dari Pemprov Jabar, Pemkab Bandung maupun Dinkes Provinsi Jabr dan Kabupaten.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Ir H Abdul Hadi Wijaya, M Sc menjelaskan bahwa RSKK berada di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten itu nantinya akan menjadi rumah sakit kesehatan kerja.

Hal ini adalah salah satu fasilitas yang sangat penting dan menjadi satu-satunya rintisan di Indonesia milik Pemprov adalah rumah sakit khusus yang menangani tentang kesehatan para pekerja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan