Hujan Angin Sebabkan Kubah Masjid Ambruk

CIMAHI – Hujan deras dan angin kencang yang menerjang Kota Cimahi dan sekitarnya pada Selasa (19/11) sekitar pukul 16.30 WIB, menyebabkan kubah Masjid Abri, di Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi, ambruk.

Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, kubah masjid dengan material seng dan rangka besi itu tergeletak dalam kondisi rusak di jalan dan halaman masjid.

Menurut pengurus DKM Masjid Abri, Ahmad Hidayat (68), kubah yang berada di puncak masjid dengan ketinggian sekitar 12 meter itu terangkat lalu ambruk, mengingat angin yang berhembus sangat kencang.

”Saya kebetulan ada di luar masjid, jadi lihat banget waktu kubahnya terangkat terus jatuh ke jalan. Karena kubahnya berat pas jatuh langsung hancur, rangkanya juga rusak parah,” ujar Ahmad saat ditemui di lokasi kejadian.

Kubah yang pertama kali dipasang pada tahun 2005 itu memiliki diameter 45 meter dengan harga Rp 60 juta. Saat ambruk beruntung kubah tidak mengenai bentangan kabel PLN yang ada di dekatnya.

”Alhamdulillahnya enggak kena kabel PLN, kalau kena bisa berbahaya buat warga. Terus beruntung juga enggak ada warga yang lewat pas kejadian. Selain kubah, kaca di belakang masjid juga pecah, memang hujan sama anginnya kencang,” tuturnya.

Tak jauh dari lokasi kubah Masjid Abri yang ambruk, sebuah pohon pun tumbang diterjang angin kencang dan hujan deras. Posisinya yang berada di pinggir jalan sempat menghalangi kendaraan.

Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Gatot Subroto, tepat di depan Pusdikhub TNI AD karena penyebab yang sama dan dalam waktu bersamaan.

Emir Faisal, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Cimahi, yang ada di lokasi kubah ambruk dan pohon tumbang, mengatakan pihaknya langsung melakukan penanganan terhadap dua kejadian yang berdekatan tersebut.

”Kami terima laporan dan langsung meluncur ke lokasi. Kebetulan yang di depan Gedung Historich ini kejadiannya berdekatan. Jadi langsung assesment dan penanganan dengan memotong pohon yang menjorok ke jalan,” tutur Emir.

Penanganan pohon tumbang sendiri dibagi dua dengan tim dari DLH yang menangani pohon tumbang di depan Pusdikhub TNI AD.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan