oleh

Smart Card Bakal Sisihkan Buku KIR Manual

CIMAHI – Perubahan bakal dibuat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Cimahi dalam pelayanan pengujian kelaikan kendaraan bermotor atau uji KIR kendaraan angkutan umum dan angkutan barang.

Rencananya, UPT yang berlokasi di Jalan HMS Mintaredja, Baros, Kota Cimahi itu akan menggunakan smart card bagi kendaraan. Smart card akan menyisishkan buku uji KIR yang sebelumnya digunakan secara manual oleh pemilik kendaraan.

Baca Juga:  OJK Khawatir Restrukturisasi Kredit untuk Kebijakan Pemulihan Ekonomi Bermasalah

Kepala UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Joni Andriani mengatakan, rencana tersebut bakal direalisasikan paling cepat bulan Februari tahun 2020. Sebab saat ini pihaknya masih melakukan persiapan pengadaan smart card.

”Jadi tahun depan uji kir dan pengujian lainnya sudah tidak pakai buku. Karena sudah pakai smart card, nanti pengujinya punya alat scan barcode,” ujar Joni saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (11/11).

Baca Juga:  Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma, Pemkot Bandung Gencar Lakukan Ini

Dikatakan Joni, setiap pengendara yang kendaraannya akan diuji akan mendapatkan smart card seharga Rp 25 ribu per paketnya. Biaya tersebut dimasukkan otomatis ke biaya pengujian kendaraan.

”Jadi nanti yang dibayar itu biaya pengujian dan pembelian smart card. Ada buku panduannya juga, smart cardnya nanti bisa ditop up kalau mau digunakan,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga