Partai Gelora Resmi Berdiri

Anis Matta ditunjuk menjadi ketua umum Partai Gelora. Eks presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu memimpin secara aklamasi melalui rapat konsolidasi sejak Sabtu lalu (9/11). Adapun Fahri Hamzah menjabat wakil ketua umum. Sekretaris Mahfudz Siddiq dan bendahara umum Achmad Riyaldi. Keempatnya adalah mantan anggota DPR fraksi PKS.

Anis Matta tidak menampik sebagian besar kader Partai Gelora saat ini merupakan mantan anggota PKS. Terutama para inisiator dan pengurus inti tingkat DPW. Dia pun tidak mengelak bahwa pendirian partai tersebut sedikit banyak karena dipicu konflik di internal PKS. ’’Itu tidak saya nafikan. Di sini ada Fahri Hamzah. Namun kami tidak bekerja dengan latar belakang sakit hati,” tegasnya.

Anis berjanji segera melakukan rekrutmen terbuka setelah struktur sampai tingkat kabupaten/kota terbentuk. Fokus saat ini, tambah dia, adalah menuntaskan pendaftaran ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) menjadi partai berbadan hukum. Setelah itu, pihaknya akan melakukan deklarasi dan rekrutmen terbuka. Target terdekat adalah menatap pilkada 2020 serta pemilu 2024. ’’Mungkin Februari atau Maret (2020, red),” kata Anis.

Terkait ideologi, Anis Matta menyampaikan menjadi partai yang terbuka dengan azas Pancasila. Namun jati dirinya tetap Islam. Itu karena dirinya bertekad menghentikan perdebatan tentang polarisasi Islam dan nasionalis. Dia bilang, pihaknya ingin Partai Gelora menjadi titik temu semua komponen bangsa dari berbagai latar belakang.

’’Jadi kalau Anda menanyakan partai Islam atau nasionalis, ya dua-duanya. Ini adalah partai Islam sekaligus nasional. Azasnya Pancasila,” jelas Anis Matta.

Disinggung soal sumber pendanaan partai, Anis mengaku tidak terlalu mempermasalahkan. Sumber pendanaan, ucap dia, akan mengikuti ide pendirian sebuah partai. Jika ada narasi besar dan arah perjuangan yang jelas, maka sumber pendanaan akan timbul dengan sendirinya. ’’Bukan dana yang menciptakan dukungan. Tapi narasi dulu yang penting,” papar mantan wakil ketua DPR itu. (khf/fin/ful)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan