Bunda PAUD Dorong SDM Unggul di Era Digital

NGAMPRAH– Keberadaan generasi muda di Kabupaten Bandung Barat (KBB) diharapkan menjadi bagian dari sumber daya manusia (SDM) unggul dan dapat memikul pembangunan bangsa. Hal itu disampaikan
Bunda PAUD KBB, Yuyun Tuningsih Umbara dalam acara Milangkala ke-3 Pendopo Ojo Dumeh Foundation di Jalan. Raya Tangkuban Parahu, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Sabtu (26/10).

Rangkaian kegiatan milangkala tersebut diisi dengan berbagai acara, di antaranya seminar PAUD dan kelas parenting dengan tema Mendidik Anak di Era Digital. “Kegiatan ini bertujuan untuk pembentukan karakter generasi, khususnya di sekitar Lembang. Semoga bisa memberikan pencerahan kepada para guru PAUD dalam mempersiapkan dan mengembangkan desa wisata,” ujar Yuyun.

Dengan begitu, kata Yuyun, pengembangan kawasan wisata ramah anak di Desa Wisata Cibogo mendapatkan fasilitas dan pendampingan dari Pendopo Ojo Dumeh Foundation, yang diharapkan kelak menjadi desa wisata mendunia.

“Dengan pengalaman menerima kunjungan wisatawan mancanegara, antara lain kunjungan rutin setiap tahun dalam Summer Program. Salah satu realisasi program kerja sama dengan Unpad dan Pemerintah Desa Cibogo,” katanya.

Pendopo Ojo Dumeh Foundation yang berdiri sejak Oktober 2016 lalu, berkiprah memberdayakan masyarakat Desa Cibogo dan sekitarnya, yang berkolaborasi dengan HIMPAUDI Kecamatan Lembang dan Unpad.

“Saya lihat, dalam tiga tahun ini Pendopo Ojo Dumeh telah dan terus berupaya meningkatkan kapasitas guru PAUD dan orang tua, dalam menghadapi tantangan zaman ke depan,” kata Yuyun.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Pendopo Ojo Dume Foundation, Rida Hesti mengatakan, karakter SDM di Desa Wisata perlu dipersiapkan sejak dini melalui Pendidikan Anak Usia Dini.

“Sebagaimana tertuang dalam lagu Desa Wisata Cibogo, rendah hati hormat sesama, gotong royong berbagi sesama, pelestarian alam semesta, memberdayakan masyarakat. Itu dapat terwujud melalui proses Pendidikan Anak Usia Dini,” kata Rida. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan