Ribuan Siswa Yasarini Bersaing Ikuti Gelaran AMSO 2019

SOREANG – Sebanyak 1.464 siswa SMP, SMA dan SMK di kompleks Lanud Sulaeman mengikuti gelaran Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO) 2019. Mereka akan bersaing untuk meraih tiket menuju lomba serupa di tingkat nasional yang bertajuk Festival Edukasi Sekolah Angkasa (FESA).

Ketua Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Cabang Lanud Sulaeman Julita Benny Koessetianto mengatakan, gelaran AMSO memang setiap tahunnya digelar serentak di lembaga pendidikan Angkasa seluruh Indonesia. ”Perwakilan terbaik dari masing-masing sekolah nantinya akan mewakili daerah untuk berlomba gi FESA tingkat nasional,” katanya usai membuka babak penyisikan AMSO 2019 di kampus SMA Angkasa Lanud Sulaeman, belum lama ini.

Menurutnya, Lanud Sulaeman saat ini tidak memiliki SD sehingga peserta sejumlah itu hanya berasal dari empat sekolah. Keempat sekolah tersebut adalam SMP, SMA, SMK 1 dan SMK 2 Angkasa. AMSO sengaja digelar oleh Yasarini sebagai terobosan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas siswa sekolah Angkasa. Dengan begitu sekolah yang bernaung di bawah Yasarini tersebut bisa meningkatkan kualitas meskipun berstatus swasta.

Julita menjelaskan, walau baru memasuki tahun ketiga, pelaksanaan AMSO sudah memperlihatkan dampak signifikan terhadap peningkatan minat dan prestasi siswa terutama terhadap mata pelajaran sains dan matematika. ”Sudah terlihat kegiatan ini mulai mencapai tujuan di mana peserta didik dapat mengembangkan daya pikir, bakat dan kemampuannya dalam memecahkan berbagai permasalahan di kehidupan sehari-hari,” tutur Julita.

Selain itu, AMSO juga sudah mampu mendongkrat minta siswa yang sebelumnya tidak begitu tertarik dengan matematika dan sains yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan kompleks. Hal itu bisa menjadi modal bagi para siswa untuk juga dapat meningkatkan kemampuan intelektual dan spiritual serta pengendalian emosi. Selain itu, AMSO juga dilansir bisa memicu motivasi para guru untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya dalam mengajar. Terutama untuk tiga mata pelajaran yang diujikan dalam AMSO yaitu matematika, IPA dan IPS.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Angkasa Abdul Ghofir mengakui hal tersebut, menurutnya pihak sekolah setiap tahun memiliki target agar siswanya berprestasi di tingkat nasional. Dengan begitu, sekolah pun terpacu untuk  lebih intensif memberikan pembelajaran, kepada para siswa. ”Alhamdulillah hasilnya dalam dua gelaran FESA terakhir siswa kami selalu meraih prestasi membanggakan,” akunya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan