oleh

Indikator Pengupahan Dinilai Berhasil

BANDUNG – Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnaker) Jawa Barat dinilai berhasil dalam menetapkan indikator Pengupahan dan Kesejahteraan Pekerja. Keberhasilan ini diganjar dengan penghargaan dari Kementrian tenaga kerja atas keberhasilanya mendapatkan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) tertinggi.

Kepala Dinaskertrans M. Ade Afriandi mengatakan, penilaian IPK sebetulnya memiliki sembilan indikator, di antaranya.
Perencanaan tenaga kerja, penduduk dan tenaga kerja, kesempatan kerja, pelatihan kerja dan kompetensi kerja,
Produktivitas tenaga kerja, Hubungan industrial, Kondisi lingkungan kerja, Pengupahan dan kesejahteraan pekerja, dan Jaminan sosial tenaga kerja.

Baca Juga:  Perlu Ditingkatkan, Dewan Soroti Buffer Stock Dinsos Jawa Barat

’’ Disnakertrans Provinsi Jawa Barat memperoleh penghargaan dengan pencapaian IPK tertinggi untuk indikator Pengupahan dan Kesejahteraan Pekerja,’’kata Ade ketika dihubungi Jabar Ekspres, Senin, (14/10).

Dia mengatakan, penghargaan terhadap IPK tertinggi untuk Jawa Barat ini dicantumkan berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No. 249 Tahun 2019 tentang Penetapan Pemda Provinsi Penerima Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Tahun 2019.

Dia mengatakan, upah minimum kabupaten/kota dan upah minimum sektoral kabupaten/kota adalah tertinggi di Indonesia.
Sehingga, penghargaan IPK ini merupakan tolok ukur penting kinerja.

Baca Juga:  Buat Pasutri Muslim! Hati-hati Jangan Berhubungan Intim di Siang Hari pada Bulan Ramadan, Dosanya Berat dan Dendanya Besar

’’Dengan program-program unggulan di antaranya Smartnakertrans, MigranJuara, dan Milenial Juara, seharusnya kita dapat meraih berbagai penilaian tertinggi dibeberapa kategori, Tinggal sekarang kita arus mempunyai sistempelaporan dan pemberkasan yang lebih baik kepada Kemnaker,’’kata dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga