Inflastruktur Baik untuk Perkonomian Masyarakat

PASIRJAMBU – Masyarakat di Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey dan Kecamatan Rancabali (Pacira) Kabupaten Bandung menyuarakan harapannya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan pelebaran infrakstruktur jalan provinsi di wilayah tersebut.

Aspirasi masyarakat tersebut, disampaikan kepada Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Partai Golkar Dadang Supriatna dalam suasana silaturahmi yang digelar di Rancabali dan Ciwidey, Minggu (13/10).

Menanggapi hal tersebut, Dadang Supriatna yang akrab disapa kang DS mengatakan, masyarakat mengharapkan pelebaran akses jalan tersebut. Sebab, selain menghubungkan lintas jabar selatan, jalan itu merupakan akses menuju beberapa lokasi objek wisata unggulan Kabupaten Bandung.

”Mewakili aspirasi masyarakat di Kecamatan Pacira, saya mendesak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk segera merealisasikan program pelebaran jalan yang merupakan akses kendaraan dari Soreang tujuan Ciwidey dan Rancabali. Cidaun Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Garut atau sebaliknya,” katanya saat ditemui disela-sela acara silaturahmi tokoh masyarakat pacira.

Menurutnya, harapan masyarakat itu, sangat logis mengingat lebar jalan tersebut sudah tidak memadai seiring dengan tingginya volume kendaraan yang melintas. ”Apalagi disaat hari libur nasional, akses jalan tersebut sangat ramai dilalui kendaraan. Pasalnya, jalan itu merupakan akses menuju sejumlah objek wisata di kawasan Bandung Selatan dan kawasan Jabar Selatan,” jelasnya.

Menurutnya, ramainya volume kendaraan yang melintasi jalur tersebut, kepadatan kendaraan pun tak bisa dihindari. Apalagi di sejumlah ruas jalan yang berbelok dan di kawasan hutan sering terjadi kepadatan kendaraan. ”Sudah waktunya pemerintah provinsi untuk serius dan fokus melakukan pelebaran jalan di jalur kawasan wisata Kabupaten Bandung tersebut,” tuturnya.

Dia menambahkan, dengan adanya pelebaran jalan, maka secara otomatis akan mendongkrak berbagai potensi peningkatan infrastruktur yang berimbas pada sektor ekonomi. ”Kelancaran lalulintas akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Apalagi daya dukung kawasan Pasir Jambu, Ciwidey dan Rancabali itu sebagai destinasi wisata yang sudah dikenal secara nasional. Bahkan, dengan adanya pelebaran jalan itu bisa membuka potensi yang terpendam di kalangan masyarakat,” akunya.

Lebih lanjut, Kang DS menjelaskan, pentingnya ada pelebaran jalan di akses Bandung Selatan itu, menyusul terus menggeliatnya sektor ekonomi di bidang perhotelan, pertokoan, cafe dan sektor usaha kecil menengah. Selain itu tingginya kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di kawasan Pacira tersebut. Dalam sehari, pergerakan kendaraan bisa mencapai ribuan unit dari berbagai jenis baik roda dua maupun roda empat dan lebih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan