Tingkatkan Peran Serta TKSK

BANDUNG – Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dinilai sangat membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengatasi permasalahan sosial. Padahal, TKSK hanya berstatus relawan.

Oleh karenanya, Pemkot Bandung berencana memberikam apresiasi yang cukup kepada para TKSK.

“Para TKSK ini kan relawan, kita menyebutnya tali kasih atau tali asih dengan memberikan honor Rp1 juta. Mudah-mudahan ke depan bisa ditambah. Tentu menyesuaikan dengan anggaran,” kata Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat menghadiri Peringatan Satu Dasawarsa TKSK Kota Bandung di Padepokan Seni Mayang Sunda, Rabu (9/10/2019).

Menurut Oded, TKSK punya hubungan emosional tersendiri dengannya. Ia telah menjalin hubungan sejak menjabat sebagai Wakil Walikota.

“TKSK dari sisi kinerja dan kesungguhannya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dalam kolaborasi,” ujar Oded.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Tono Rusdiantono mengatakan peran TKSK sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan sosial di Kota Bandung. Mereka sangat paham dalan pemberian bantuan agar tepat sasaran.

“Merela sangat paham tugas. Pemerintah punya program seperti penanggulangan kemiskinan, TKSK membantu dari data kemiskinan, implementasinya menolong orang-orang yang membutuhkan, rujukan, pengantaran, dan sebagainya,” ungkapnya.

Selain itu, TKSK juga membantu memverifikasi dan validasi data. Sehingga bantuan lebih tepat sasaran.

Tono menambahkan, TKSK juga membantu Pemkot Bandung untuk menginformasikan orang-orang yang perlu bantuan sosial. Seperti adanya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Banyak PMKS dan ODGJ yang berkeliaran itu ditangani mereka dulu, lalu lapor ke Dinsos. Jadi bukan hanya pemerintah yang terbantu, tetapi masyarakat juga,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan