Babak Baru Sekda Kota Bandung

“Sekarang tergantung wali kota. Karena hasil koordinasi dengan penasehat hukumnya akan menentukan langkah kedepananya. Dan saya setuju wali kota melakukan banding,” cetus Agus.

Agus menilai, Wali Kota Bandung Oded M. Danial, memiliki landasan hukum kuat untuk memilih Ema Sumarna. Sebab secara personal Ema memiliki kedekatan dengan seluruh ASN.

Selain itu, pertimbangan lainnya antara Ema dan Wali Kota memiliki komunikasi yang baik. Sehinggan dengan modal itu, pembangunan di Kota Bandung bisa berjalan lancar.

’’Saya lebih setuju kerja sama antara wali kota dengan sekda yang lebih baik. Secara pribadi saya lebih memilih pak Ema ketimbang Benny,’’ pungkas Agus.

Ditempat sama, adanya polemik ini, Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Bandung Aries Supriatna membantah jika putusan PTUN ini akan berdampak buruk terhadap mekanisme pembahasan APBD 2020. Sebab, tahapan pembahasan APBD 2020 sudah berjalan sesuai aturan perundang-undangan.

Pemkot Bandung kata dia, tinggal melanjutkan tahapan penyerahan draf APBD, untuk selanjutnya dibahas Badan Anggaran. Sehingga lanjut dia, adanya putusan PTUN tidak mengganggu.

“Tidak berbeda, dewan dan pemkot dalam hal APBD tentunya saling mendukung. Jadi adanya putusan PTUN seharusnya tidak mengganggu. Kita tunggu sikap wali kota 14 hari kedepan,’’ucap dia.

Sementara itu ketika diminta tanggapannya terkait masalah ini, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna senggan berkomentar banyak.

Dia mengatakan, untuk masalah kemenangan putusan PTUN tidak perlu dikomentari. Sebab, posisinya sebagai Sekda.

’’Tidak ada komentar dari saya sebagai Sekda saat ini, yang baik menyampaikan itu ranah Wali Kota,’’kata dia.

Kendati begitu, Ema menuturkan, secara pribadi meski dikalahkan di PTUN, apapun keputusannya Wali Kota sudah memberikan kepercayaan. Bahkan, ketika dipanggil Wali Kota, tidak ada pesan khusus.

’’Intinya tetap melaksanakan tugas dan aya melaksanakan kepercayaan ini sebaiknya,’’cetus dia.

Ema menjamin dengan keputusan PTUN itu kinerja dan pelayanan publik tidak akan terganggu. Sebab, permasalahan tersebut tidak akan berdampak pada pelayanan kepada masyarakat.

’’Iklim kerja tidak terganggu, selama beliua (Wali Kota Oded M. Danial) masih mempercayakan saya,’’kata dia. (mg2/mg5/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan