Bekerja Ikhlas, Bhayangkara jangan Takut dalam Melayani Masyarakat

BANDUNG – Para Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), di Imbau agar bisa mengambil hikmah dari kejadian yang menimpa Almarhum Ipda Erwin Yudha di Polres Cianjur, yang gugur saat menjalankan tugas.

Hal itu disampaikan Wakapolda Jabar Brigjen Akhmad Wiyagus, Ia memberikan memotivasi anggotanya agar semua Bhabinkamtibmas senantiasa bekerja dengan iklas, dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Sehingga, dengan kejadian tersebut, jangan sampai menjadikan personel takut dalam melayani masyarakat tapi harus lebih meningkatkan semangat serta motivasi dalam menjalankan tugas.

”Kejadian Almarhum Ipda Erwin Yudha tidak boleh menjadikan para Bhabinkamtibmas takut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat namun hendaknya dapat dijadikan cambuk dan motivasi dalam melaksanakan tugas,” kata Akhmad saat kegiatan tatap muka dan arahan As SDM Kapolri dan Wakapolda Jabar kepada para Bhabinkamtibmas se-wilayah Priangan Timur, belum lama ini.

Menurut Akhmad, Almarhum Erwin merupakan contoh personel yang mampu menjalani tugas dengan penuh dedikasi tanpa rasa takut demi memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

”Almarhum Erwin menjadi suri tauladan di mana seorang anggota Polri yang berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugasnya dan merupakan Bhabinkamtibmas terbaik semasa tugasnya,” papar Akhmad.

Sementara itu, As SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri mengatakan, bahwa Presiden R.I. Joko Widodo dalam Rapat pimpinan  Polri tahun 2019 menyampaikan agar jadilah Bhabinkamtibmas yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga seluruh informasi yang ada di masyarakat dapat diserap sehingga ancaman yang ada dapat dicegah dan tidak hanya sebagai pemadam kebakaran.

”Bhabinkamtibmas juga harus memiliki keterampilan deteksi dini, komunikasi sosial, negosiasi, mediasi, kepemimpinan, sehingga mampu memecahkan permasalahan sosial yang ada,” katanya.

Eko menegaskan, sebagai Bhabinkamtibmas tidak perlu inovasi yang muluk-muluk, cukuplah membuat sesuatu yang dahulu susah menjadi mudah, dahulu sia-sia menjadi berguna serta yang dulu tidak ada menjadi ada.

”Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dalam membangun sinergi dan kepercayaan dengan masyarakat, serta menjadi tempat masyarakat meminta bantuan dan pertolongan. Oleh karenanya Bhabinkamtibmas harus senantiasa menjaga nama baik dan citra Polri serta selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilan, agar bisa update dengan situasi yang ada di masyarakat,” pungkasnya. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan