Tingkatkan Keahlian, Ribuan Linmas Ikuti Bimtek Deteksi Dini

 KATAPANG – Untuk memberikan keahlian dalam melakukan deteksi dini di lingkungan masyarakat ribuan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) mendapatkan Bimbingan Teknis (bimtek).

Kepala Bidang Linmas Kabupaten Bandung Rahmatullah Mukti Prabowo mengatakan, Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Kabupaten Bandung tengah mengupayakan insentif yang layak bagi anggota Linmas. Pasalnya ribuan anggota linmas akan dilibatkan dalam keamanan pada Pilkades Serentak Oktober mendatang.

”Jelang Pilkades Serentak 2019, ratusan anggota Linmas diberikan bimtek deteksi dini dalam rangka peningkatan kondusifitas wilayah disetiap Desa dimana meraka bertugas,” kata Prabowo saat ditemui disela-sela Bimtek di Gedung PGRI Kabupaten Bandung, Selasa (17/9).

Menurutnya, pada proses Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Bandung sebanyak 5600 anggota Linmas Desa dan 155 Linmas Siaga Kecamatan akan ikut serta berfartisipasi untuk mengamankan 199 desa saat pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa nanti.

”mereka memiliki peran yang sangat aktip dalam perlingdungan masyarakat. Oleh karena itu, kami akan terus memperjuangkan meraka agar mendapatkan Insentif karena mereka memang laik kita perjuangkan. Untuk sementara ini, pada tahun 2019 sekarang akan melihat potensi anggaran yang ada di Pemkab Bandung,” akunya.

Prabowo menjelaskan, pihaknya tengah mengupayakan insentif bagi anggota Linmas Desa sebesar Rp 100 ribu per bulan. Dan Rp 500 ribu bagi anggota Linmas Siaga Kecamatan. ”Mudah-mudahan dengan dibantu adanya para anggota dewan (DPRD) Kabupaten Bandung yang baru dilantik nanti bisa mengupayakan insentif yang lebih laik lagi bagi angggota Linmas,” tuturnya.

Salah satu anggota Linmas Desa Sayati, Kecamatan Margahayu Dedi Johar Manik (78) menuturkan selama ini dirinya hanya diberi upah sebesar Rp 2000 per hari dari desa. Upah tersebut tentunya tidak cukup untuk memenubi kebutuhan sehari-hari. ”Dulu pas masih sehat selain menjadi keamanan (linmas) saya juga narik becak, jadi masih bisa membiayai kebutuhan sehari hari keluarga,” kata Dedi.

Dedi berharap dengan adanya upaya Bidang Linmas Satpol PP dalam mengupayakan insentif yang laik dapat terwujud. Terlebih dirinya bersama kawan-kawan linmas lainnya akan bertugas jelang Pilkades Serentak di Oktober mendatang.

”Semoga dengan diperjuangkan oleh pak Kabid, kami semua mendapatkan intensif yang layak dari pemerintah. Apalagi sekarang kami akan turut serta mengamankan pelaksanaan pilkades serentak oktober mendatang,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan