oleh

DPRD akan Evaluasi Kinerja PSDA Jabar

CIPARAY – Untuk memperlancar aliran air yang mengarah ke area pesawahan di wialayah Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Ribuan Warga Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay bahu membahu melakukan normalisasi sedimentasi tanah dan sampah di sepanjang irigasi Ciheulang, kampung Lebak Biru, Jumat (13/9).

Agus (61), salah satu warga yang mengikuti kegiatan pengerukan irigasi Ciheulang mengaku, sejak lama kondisi irigasi sudah sangat dangkal. Pasalnya, sudah sejak lama irigasi tersebut tidak terawat dan tidak dilakukan pengerukan. Sehingga apabila musim penghujan mengakibatkan banjir, dan apabila musim kemarau air tidak bisa mengalir ke pesawahan.

Baca Juga:  DP3A Bandung Akan Bentuk Puspol-PP untuk Cegah Kekerasan Pada Anak dan Perempuan

”Sudah lama sekali tidak dilakukan normalisasi. Sedimentasinya cukup tinggi. Kalau musim hujan di kampung sini suka banjir, dan pada musim kemarau sawah yang ada disini kekeringan,”kata Agus saat ditemui disela-sela kegiatan.

Menurutnya, pengerukan sedimentasi dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Ciheulang dan diinisiasi oleh anggota DPRD Jawa Barat Dadang Supriatna dan Bupati Bandung, Dadan M Naser.

” Sebelumnya, saya mengusulkan adanya normalisasi irigasi kepada beberapa tokoh masyarakat. Alhamdulillah usulan direspon. Tokoh masyarakat bicara dengan Pak Dadang, akhirnya cita-cita warga disini untuk pengerukan irigasi bisa terlaksana,” akunya.

Baca Juga:  Trending, Single Duet BCL-Noah Capai 4,4 Juta View

Sementara itu, Dadang Supriatna menilai jika aliran irigasi Ciheulang memang tidak terawat dengan baik. Perawatan irigasi Ciheulang, kata dia, sebetulnya kewenangan Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga