Pencapaian Kinerja Satu Tahun

Selama satu tahun kepemimpinan Emil-Uu, rata-rata waktu yang dibutuhkan JQR untuk menuntaskan satu persoalan sekira 1 sampai 3 hari. Selain itu, JQR juga berhasil mendorong 6 kabupaten/kKota untuk membentuk Tim Respons Cepat.

 

Jabar Saber (Sapu Bersih) Hoax

Pemdaprov Jawa Barat juga membentuk unit kerja yang bernama Jabar Saber Hoax dan menjadi pemerintah daerah pertama yang berinisiatif membentuk tim verifikasi informasi ini. Tim di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika ini bertugas untuk memverifikasi segala bentuk informasi yang meresahkan masyarakat khususnya melalui media sosial atau ranah digital.

Dengan adanya Jabar Saber Hoax, Pemdaprov Jawa Barat berupaya meningkatkan literasi digital serta sikap kritis masyarkat terhadap keberadaan berita bohong yang meresahkan dan membuat produktivitas menurun.

Setelah diluncurkan, Jabar Saber Hoax menerima 3.859 aduan masyarakat terkait infomasi bohong. Setiap pekan, Jabar Saber Hoax pun merilis lima informasi bohong yang beredar di masyarakat selama satu minggu.

Selain itu, Jabar Saber Hoax memanfaatkan media sosial untuk memberikan informasi bermutu kepada masyarakat. Tercatat 951 konten, baik mengenai klarifikasi hoaks dan literasi digital, telah diunggah Jabar Saber Hoax. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan