Pelatihan Teknis Dorong Kualitas SDM Pelayanan Nasabah 

SOREANG –  Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Tenaga Kerja dalam optimalisasi pelayanan, PT BPR Kerta Raharja terus menggelar kegiatan pelatihan teknis manajemen, kepatuhan perkreditan.

Kabag SDM BPR Kertaraharja Iwan Dian Setia mengatakan, selain pelatihan teknis juga pelatihan non teknis yang dilakukan berupa pelatihan spiritual ESQ. Hal itu untuk meningkatkan spiritual, mental dan kepedulian terhadap sesama.

Iwan Dian Setiawan, Kabag SDM PT BPR Kerta Raharja32

“Target (pelatihan) peningkatan kinerja dan bukan hanya soal produktivitas tapi sikap juga,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya di Soreang, Rabu (4/9).

Iwan menjelaskan, pelatihan ESQ dilakukan setiap bulan secara rutin yang diikuti sekitar 40 peserta. Semua pegawai diwajibkan mengikuti pelatihan, hal itu untuk meningkatkan SDM secara merata bagi semua pegawai BPR Pusat atau cabang yang tersebar di wilayah.

“Kegiatan ESQ sudah berjalan dua tahun. Pelaksanaan satu bulan sekali dan pegawai selama setahun 4 kali ikut pelatihan,” katanya.

Dirinya menambahkan jika saat ini jumlah karyawan mencapai 219 orang. pelatihan teknis operasional yang dilakukan lebih fokus kepada sektor kredit dan manajemen resiko. Keduanya katanya lebih diperdalam karena berdasarkan aturan OJK BPR wajib mengikuti aturan yang telah diterbitkan.

“Manajemen resiko itu pelatihannya bagaimana mengeliminasi berbagai masalah. Termasuk soal pencairan kredit apa yang bisa menimbulkan resiko dikurangi,” katanya.

Hal sama dikatakan Direktur Kepatuhan PT BPR Kerta Raharja Benny Subarsah, menurutnya, dirinya akan terus mendorong kegiatan tersebut, sebab untuk meningkatkan kualitas pegawai.

“Kita mendorong agar SDM kualitasnya ditingkatkan agar lebih profesional dan memberikan pelayanan lebih baik. Pegawai yang ingin melanjutkan kuliah pun dibolehkan demi kualitas lebih baik,” katanya. (rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan