Baznas Peduli, Dukung Program Perbaikan Lingkungan

SOREANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bandung, menyatakan sangat mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dalam perbaikan dan pelestarian bidang lingkungan.

Ketua Baznas Kabupaten Bandung Dudi Abdul Hadi, menjelaskan dukungan itu salah satunya  diimplementasikan melalui Program Baznas Kabupaten Bandung Peduli. ”Program ini sudah lama berjalan. Didalamnya melibatkan pemberdayaan umat untuk pelestarian dan bencana alam, termasuk kesehatan. Seperti pengadaan sanitasi air bersih pada program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) dan Rumah Tinggal Sanitasi Sehat  (Rutisae). Program ini sudah bergerak dari tahun 2018,” katanya saat ditemui disela-sela acara pembukaan rapat pimpinan MUI di Soreang, Rabu (21/8).

Menurut Dudi, Baznas peduli dengan program Citarum Harum, MUI kerap terlibat dalan kegiatan berish-bersih di bantaran Sungai melalui Baznas Tanggap Bencana (BTB) dan Layanan Aktif Baznas (LAB). Sementara dukungan dalam penanganan lingkungan dengan meluncurkan buku yang didalamnya mencakup materi tentang kebangsaan dan lingkungan. Buku itu, menjadi landasan materi MUI saat berdakwah.

Hal yang sama dikatakan ketua MUI Kabupaten Bandung KH Hasuna Hudaya, pihaknya turut mensosialisasikan program Sabilulungan Hiji Dua (Sajiwa). Mengedukasi dan mengajak masyarakat agar membantu pemerintah daerah untuk mendukung  program konservasi lingkungan berbasis ekonomi dan ibadah.

”Kita berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa peduli pada lingkungan sudah diperintahkan dalam AL-Qur’an. Menjaga lingkungan bagi seorang muslim, menjadi suatu keharusan dan kewajiban, dan akan berakibat buruk jika mengabaikannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M. Naser mengapresiasi keterlibatan MUI dan Baznas dalam penanganan lingkungan. Sebab, pembangunan lingkungan merupakan yang terberat jika tidak ada sinergitas dengan semua pihak.  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bandung sebagai Opinion leader di lingkungan masyarakat.

”Sebagai corong informasi di lingkungan masyarakat MUI dan Baznas, melalui dakwah dan kegiatannya diharapkan dapat membantu kita menangani persoalan lingkungan. Penduduk Kabupaten Bandung, mayoritas muslim, ini memberikan peluang besar bagi MUI untuk lahan dakwah lingkungan,” katanya.

Oleh karena itu, Dadang mengimbau jajarannya lebih intens dalam menyalurkan zakat infaq dan shadaqahnya kepada Baznas Kabupaten Bandung. Konsep sosial pada agama islam, menurut Dadang, Alloh Subhanna Wa Ta’ala memerintahkan umat-Nya untuk saling tolong menolong antara manusia dalam kebaikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan