Bus Damri Buka Trayek Cimahi-BIJB Kertajati

CIMAHI – Akses warga Kota Cimahi menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, akan dipermudah dengan rencana hadirnya transportasi umum bus Damri. Rencananya, bus Damri tersebut akan mulai dioperasikan pada 1 September 2019 yang akan datang.

Kepala seksi (Kasi) Angkutan pada Dinas Perhubungan Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, saat ini layanan bus trayek Cimahi-BIJB Kertajati tengah dalam proses persiapan peluncuran.

”Pihak Damri memberitahukan jika akan ada trayek Cimahi-BIJB dan sebaliknya. Sekarang sedang disiapkan sarana prasarananya,” kata Ranto, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, Kamis (15/8).

Menurut Ranto, untuk mematangkan rencana, beberapa waktu lalu pihak Damri beraudiensi langsung dengan Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna. Dalam audensi tersebut pihak Damri menyampaikan rencana adanya trayek.

”Pak walikota sangat terbuka akan hal ini dan Cimahi siap menerima trayek baru tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan, terpilihnya Kota Cimahi sebagai daerah tujuan Damri rute BIJB berdasarkan surat dari Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan. Selain Kota Cimahi, lanjutnya ada lima rute lagi selain yang ada di Kota Cimahi.

”Rencana awal sekaligus ajang sosialisasi bagi warga, Damri baru akan menurunkan dua bus. Kemungkinan akan bertambah setelah ujicoba selesai pada Desember,” jelasnya.

Ranto mengaku, saat ini Dishub Kota Cimahi masih mendampingi pihak Damri untuk mencari lahan untuk pool keberangkatan bus. Dari beberapa lokasi, lanjuitnya, salah satu yang paling representatif yaitu The Edge Apartemen di Jalan Baros.

”Kami pun langsung menemui pimpinan The Edge dan mudah-mudahan dipersilahkan,” ucapnya.

Dia berharap, layanan transportasi Cimahi-BIJB sudah bisa beroperasi mulai 1 September 2019 mendatang.

”Mungkin untuk awal jalan bisa sambil sosialisasi. Layanan awal juga digratiskan sampai akhir Desember 2019. Tapi hanya berlaku untuk masyarakat pemegang tiket keberangkatan pesawat di BIJB, tidak mengangkut pendamping,” terangnya.

Tidak hanya itu, menurut Ranto, Pemkot Cimahi juga berharap layanan ini bisa terwujud dan berjalan. Apalagi, layanan transportasi umum ke BIJB sangat dibutuhkan masyarakat.

”Ada dampak positif yang bisa dimanfaatkan Kota Cimahi dari kemunculan rute tersebut. Bisa muncul peluang operator swasta dengan buka rute yang sama. Kebangkitan ekonomi dari sisi lain, misal usaha kuliner di sekitar The Edge bisa ikut maju, termasuk bisa ditempatkan pojok produk khas Cimahi,” pungkasnya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan