Ratusan Hewan Kurban di Bandung Barat Tak Layak Disembelih

NGAMPRAH – Tim petugas kesehatan hewan kurban dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Bandung Barat menemukan ratusan hewan kurban yang tak layak disembelih karena ditemukan penyakit dan belum cukup umur atau muda. Penyakit yang ditemukan mulai dari pink eye atau sakit mata juga dehidrasi. “Hasil pemeriksaan ada 1 ekor sapi dan 4 ekor domba yang mengalami pink eye. Sementara, yang mengalami dehidrasi atau kurang minum hanya 2 ekor domba saja,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan pada Disnakan Kabupaten Bandung Barat, Wiwin Aprianti kepada Jabar Ekspres, Kamis (8/8/2019).

Selain ditemukan penyakit, sebut dia, ditemukan juga ratusan hewan kurban yang tak layak disembelih karena belum cukup umur. Tercatat, untuk sapi mencapai 110 ekor dengan kategori belum cukup umur dan cacat 2 ekor. Untuk domba ada 308 ekor yang belum cukup umur serta 1 ekor domba yang cacat. Sehingga masyarakat diminta untuk tidak membeli hewan kurban yang tak layak (belum cukup umur) dan memperhatikan syarat membeli hewan kurban yang sehat.

“Untuk kambing tidak ditemukan. Kategori cukup umur ini bisa dilihat dari kondisi gigi hewan. Untuk sapi berumur di atas 2 tahun yang ditandai sudah tumbuhnya lebih dari sepasang gigi tetap. Domba dan kambing berumur di atas 1 tahun bisa diindikasikan dengan jumlah gigi susu hewan yang sudah tanggal,” kata Wiwin.

Wiwin memastikan, hewan yang tak layak sudah dipisahkan dan tidak diperbolehkan untuk dijual. Imbauan tersebut sudah disampaikan kepada setiap penjual sejak pemeriksaan hewan dimulai pada 4 Agustus lalu. “Saat ini pun kami masih berkeliling melakukan pemantauan ke setiap lapak dengan membagi tim ke sejumlah wilayah, mulai dari selatan meliputi Gununghalu, Cililin, Cihampelas dan Batujajar. Untuk barat seperti Cipeundeuy dan Cikalongwetan. Untuk utara meliputi Lembang, Parongpong dan Cisarua, total lapak di seluruh Bandung Barat mencapai 340 titik,” katanya.

PEMERIKSAAN HEWAN: Petugas Kesehatan Hewan Kurban Saat Memeriksa Kesehatan Pada Hewan Domba
Foto Dokumentasi Disnakan KBB

Wiwin menambahkan, tahun ini ada 2.800 ekor sapi serta 8.000 ekor domba/kambing yang disiapkan untuk hewan kurban. Hewan kurban yang dinyatakan sehat dan layak diberikan tanda berupa kalung yang disiapkan mencapai 10 ribu kalung. “Petugas yang diturunkan sebanyak 70 orang dibantu dari Fakultas Kedokteran Hewan Unpad sebanyak 16 orang serta dokter hewan dari Rumah Sakit Hewan milik Pemprov Jabar sekitar 8 orang,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan