Penerapan ISO 9001:2015 Tingkat Daya Saing IKM

Sertifikasi ISO dari lembaga sertifikasi yang terakreditasi membuktikan dan mengakui bahwa kinerja dan manjemen perusahaan IKM kita baik. Begitu juga bagi konsumen akan menjadi  keyakinan kepada IKM kita.

“Disadari atau tidak, sesunguhnhya sebagian IKM mungkin telah mengimplementasikan aspek sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 ini. Hanya saja tidak disertai dengan dokumentasi sesuai tuntutan standar internasional,” ujar Ellyn.

Harapan dengan Sosialisasi ISO 9001:2015 yang diterapkan satpel pertekstilan Bandung akan memotivasi IKM pertekstilan Bandung untuk melakukan hal yang sama (menerapkan sistem manajemen mutu yang sama) mengingat keterkaitan dan kemampuan telusur rangkaian proses menjadi penting bagi konsumen/supplier.

Selain itu, akan meningkatnya hubungan pengrajin pertekstilan Bandung dengan satuan pelayanan serta meningkatnya volume dan IKM pengguna jasa layanan satpel pertekstilan. Terpenting, meningkatkan kredibilitas IKM dalam akses pasar dan sumber permodalan maupun teknologi.

Setelah sosialisasi ini, diharapkan pelaku IKM pertekstilan Bandung dapat mengimplementasi klausul-klausul iso 9001:2015 dan dapat melaksanakan dokumentasi dari seluruh aktifitas operasional organisasi. Para pelaku usaha industri kecil menengah khususnya IKM pertekstilan Bandung dapat meningkatan kinerja organisasinya serta memiliki daya saing yang tinggi. (rls)

FOTO BERSAMA: Tim dari Disperindag Provinsi Jawa Barat foto bersama UPTD Industri Pangan, Olahan dan Kemasan (IPOK) usai acara sosialisasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan