KBB Kembali Sabet Juara Umum Kontes Ternak

NGAMPRAH– Untuk kelima kalinya secara berturut-turut, Kabupaten Bandung Barat menyabet gelar juara umum pada Kontes Ternak tingkat Jawa Barat 2019 yang digelar di Indramayu, Rabu (24/7).

Pada acara yang mengambil tema “Melalui Kegiatan Expo Peternakan dan Kontes Ternak Kita Tingkatkan Kualitas Bibit Ternak dan Daya Saing Produk Hasil Peternakan” itu, Kabupaten Bandung Barat mengikuti 14 kategori ternak yang dilombakan.

“Untuk kelima kalinya Kabupaten Bandung Barat kembali juara umum atau pada lima kategori ternak menjadi juara satu. Ini prestasi membanggakan buat kita semua,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Bandung Barat, Undang Husni Thamrin, Rabu (24/7).

Undang menyebutkan, jenis kategori yang dimenangkan oleh Kabupaten Bandung Barat, yakni jantan sapi Pasundan, sapi perah dara umur 9-12 bulan, sapi perah dara umur 12-15 bulan, sapi induk laktasi 2 dan raja calon pejantan (domba Garut).

“Semuanya dilihat dari kualitas bibit, kesehatan hewannya, juga tingkat produktivitasnya. Alhamdulillah Kabupaten Bandung Barat unggul dalam tiga hal tersebut,” katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, raihan tersebut bukti bahwa Kabupaten Bandung Barat mampu mengembangkan potensi ternak tidak hanya di wilayah sendiri, melainkan potensi ternak yang menjadi keunggulan Jawa Barat.

“Ini juga merupakan bukti bahwa bidang peternakan di Kabupaten Bandung Barat potensial untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Undang berharap, dengan program Bupati Bandung Barat yang akan mengembangkan agro wisata, bisa diintegrasikan dengan bidang peternakan. Hal tersebut pun sebagai apresiasi kepada para peternak di Kabupaten Bandung Barat. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan