Peringati Hari Anak Nasional, PLN UID Jabar Sosialisasikan Electrical Safety for Kids

LISTRIK sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, karena energi listriklah yang dapat menyalakan segala peralatan elektronik. Namun, tahukah kita, bahwa listrik dapat membahayakan jiwa dan harta benda antara lain menyebabkan kebakaran.

Untuk meningkatkan pengetahuan umum anak-anak tentang ketenagalistrikan, terutama tentang manfaat dan bahaya listrik, dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional 2019, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat menyelenggarakan “Electrical Safety for Kids”. Kegiatan ini dilaksanakan di 18 Sekolah Dasar yang tersebar di seluruh Jawa Barat (Bandung, Bekasi, Bogor. Cianjur, Cimahi, Cirebon, Cikarang, Depok, garut, Gunung Putri, Karawang, Majalaya, Indramayu, Purwakarta, SUkabumi, Sumedang, dan Tasikmalaya) pada tanggal 23 Juli 2019.

Pejabat Pengendali K3L, Bambang Edi Sri Purnama, menyampaikan bahwa pengetahuan umum tentang ketenagalistrikan sangat penting dipahami oleh anak-anak sejak usia dini, salah satunya agar anak-anak tidak sembarangan bermain stop kontak listrik.

“Listrik itu sangat dekat dengan kehidupan umat manusia, sehingga pengetahuannya harus ditanamkan di bangku sekolah sejak dini,” jelasnya.

Pada acara yang diikuti oleh total sekitar 1000 siswa-siswi, Pejabat Pengendali K3L dan Pejabat Pelaksana K3L UP3 se Jawa Barat berbagi pengetahuan ketenagalistrikan dengan anak-anak mulai dari asal mula dibangkitkannya listrik, bagaimana listrik sampai di rumahnya masing-masing, dan keselamatan ketenagalistrikan. Antusiasme anak-anak nampak sepanjang acara.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan setelah Pejabat Pelaksana K3L mengajar dan ditayangkannya film kartun tentang listrik. Rasa ingin tahu mereka semakin besar saat Pejabat Pelaksana K3L mensimulasikan gangguan listrik akibat rangka layang-layang, antena TV, dan ranting pohon dengan alat peraga dari karya inovasi PLN Purwakarta bernama Mr. Edu. Anak-anak sangat semangat untuk mencoba simulasi tersebut secara langsung.

“Yaa kegiatan seperti ini bisa menambah pengetahuan baru buat kita, karena jarang ada kegiatan seperti ini di sekolah,” cerita Rajhan Rian Mahendra, siswa kelas 6 SD Pelita Jasa, Bandung.

Di Bandung, Electrical Safety for Kids dalam rangka Hari Anak Nasional 2019 dilaksanakan di SD Yayasan Atikan Sunda, dengan pengajar Endah Alwati, Pejabat Pelaksana K3L ULP Bandung Timur, dan SD Pelita Jasa dengan pengajar Ramli Akbar, Pejabat Pelaksana K3L UP2D Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan