Sekda Lepas 58 Pramuka Terpilih ke Amerika dan Belanda

BANDUNG – Sekretaris Daerah Jawa Barat melepas 58 anggota Kwartir Daerah Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (16/7/19), guna mewakili Indonesia di dua ajang internasional pramuka sekaligus.

Ajang pertama 24th World Scout Jamboree 2019, yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat dari tanggal 22 Juli – 2 Agustus 2019. Sementara ajang kedua Haalem Jamborette 2019 di Sparnwoude Recreational Area, Belanda, dari tanggal 24 Juli – 4 Agustus 2019.

Iwa mengapresiasi keberangkatan kontingen yang terdiri dari 58 pramuka terpilih tersebut. Harapannya kontingen pramuka Jabar dapat menggali ilmu dan pengetahuan dari dua ajang tersebut sehingga lebih siap menghadapi persaingan global yang keras.

Dalam persaingan global, katanya, penguasaan ilmu dan teknologi sangat menentukan, di samping mental baja untuk mengarungi kompetisi. “Yang memerlukan orang-orang yang berpengetahuan tinggi dan berjiwa pejuang,” tegas Iwa usai melepas Kontingen Kwarda Jabar

“Nantinya para kontingen mampu menebarkan kebaikan yang berasal dari Jawa Barat lokal, terutama kearifan lokal. Terkait dengan budi pekerti, tolong menolong dengan sesama dan sikap ramah yang tidak menghilangkan ketegasannya,” sambungnya.

Iwa meminta semua pengalaman dan ilmu kehidupan yang diserap selama beberapa hari penyelenggaraan dua ajang terssebut, agar nanti diketoktularkan kepada teman-teman dan keluarga di lingkungan terdekat.

“Sehingga bukan hanya dirinya yang maju, bukan hanya dirinya yang pintar dan cerdas karena telah berpengalaman di USA dan Belanda, tetapi juga bisa menularkan pengetahuannya. Maka secara bersamaan bagaikan gelombang kemajuan anak-anak muda kita di Jawa Barat ,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat, Eka Haryanto mengatakan 24th World Scout Jamboree Amerika Serikat tepatnya berlokasi di The Summit Bechtel Family National Sout Reserve, West Virginia. Sementara kegiatan di Belanda akan bertempat di Sparnwoude Recreational Area. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan