oleh

100 Perusahaan di Cimahi Abaikan Permen LHK

CIMAHI – Sepanjang 2019, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi hanya menargetkan 100 perusahaan bisa terawasi langsung. Padahal, jumlah perusahaan di Kota Cimahi mencapai 318 lebih. Sekitar 200 di antaranya merupakan perusahaan besar.

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochamad Ronny menjelaskan alasan hanya menargetkan 100 perusahaan tahun ini. Menurutnya, salah satu kendala pihaknya dalam melakukan pengawasan terhadap perusahaan di Kota Cimahi ini adalah ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas.

Baca Juga:  Jaksa Ungkap Uang Suap Bansos Juga Mengalir ke Pejabat Kemensos

”Kita ini personel terbatas, jadi menyesuaikan. Yang aktif itu cuma ada 2-4 orang. Kita mengukur kemampuan dengan sumber daya yang tersedia kita inginnya semua teratasi inginnya semua,” jelas Ronny saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (14/7).

Alasan lainnya, terang Ronny, 100 perusahaan yang menjadi target DLH Kota Cimahi itu merupakan perusahaan yang abai dalam melaporkan hasil uji labolatorium mengenai ambang batas pengelolaan limbah pabrik.

Baca Juga:  Ma'ruf Amin: Mudik Bagus Tapi Gak Wajib

Sebab berdasarkan data pihaknya, hingga saat ini baru sekitar 75 persen perusahaan di Kota Cimahi yang rutin melaporkan hasil uji kualitas limbahnya kepada DLH Kota Cimahi. Artinya, masih ada 25 persen perusahaan yang masih abai, dan itu menjadi prioritas untuk dilakukan pengawasan lebih intens.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga