oleh

Laporkan Pungli Melalui Siberli

BANDUNG – Bagi masyarakat yang ingin melaporkan adanya Pungutan Liar (Pungli), saat ini ada cara mudah untuk melaporkannya. Cukup dengan aplikasi digital Sistem Informasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Siberli) laporan adanya pungli sudah bisa disampaikan.

“Hari ini kita merilis satu inovasi agar pembangunan di Jabar bisa terjaga dan terawasi maksimal melalui interaksi pelaporan digital yang namanya Siberli,” ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di halaman Gedung Sate, Jumat (5/7).

Baca Juga:  Rayakan HUT ke-60, bank bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant

Untuk melaporkan kejadian pungli, masyarakat tinggal mengakses aplikasi Siberli via www.siberli.jabarprov.go.id. Nantinya, laporan lebih dulu diverifikasi kebenarannya oleh Saber Pungli Jabar. Kurun 20 hari, pelapor yang identitasnya dirahasiakan dapat mengecek status kejadian pungli yang diusut Saber Pungli Jabar.

“Sistem akan melaporkan statusnya yang sedang diusut sampai nanti pelaporan hasil akhirnya apakah terbukti ada pungli atau tidak juga akan dilaporkan, sehingga warga bisa memonitor maksimal dalam 20 hari,” kata Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil– yang juga penanggungjawab Saber Pungli Jabar.

Baca Juga:  Tentukan Ketua IA ITB 2020, Puluhan Ribu Pemilih Siap Gunakan Hak Suara, Ini Dia Nama Calonnya

Jika terbukti, Saber Pungli Jabar yang terdiri dari Polda Jawa Barat, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Ombudsman, dan Inspektorat Pemdaprov Jawa Barat, akan memutuskan tingkat permasalahannya. Apakah administrasi kedisiplinan atau mengandung unsur pidana yang akan ditindaklanjuti kepolisian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga