Tenaga Medis Cimahi Ikut Kawal Jamaah Haji

CIMAHI – Tiga tenaga medis asal Kota Cimahi akan ditugaskan mendampingi para Calon Jamaah Haji (CJH) tahun ini. Para tenaga medis yang terpilih itu, terdiri dari satu dokter dan dua perawat.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, sebelumnya tenaga medis tersebut didaftarkan ke Departemen Kesehatan secara online dan yang terpilih, akan menjadi bagian dalam Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) untuk mendampingi para calon jamaah haji sejak keberangkatan hingga kepulangan.

”Itu kan kita daftar online. Kalau yang berminat, ada syarat-syarat kemudian dimasukan, yang memilih Departemen Kesehatan. Cimahi sudah ada tim-nya,” katanya saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Senin (1/7).

Dia mengungkapkan, tugas tenaga medis yang tergabung dalam TKHI itu ada dua regu. Ada yang memang bertugas selama musim haji, atau sekitar tuga bulan, ada juga yang hanya mengawal per kloter.

”Jadi ada yang non kloter, dia berangkat sebelum dan pulang setelah habis jamaah haji kurang lebih tiga bulan di sana. Ada juga TKHI yang mengawal kloter. Kita ikut TKHI kloter,” ungkap dia.

Menurut wanita yang kerap disapa Rini itu, para tenaga medis yang dipilih dari Kota Cimahi akan mendapatkan pembekalan langsung dari Departemen Kesehatan. Termasuk logistik, bahkan untuk obat-obatan pun sudah disiapkan pemerintah pusat.

”Cimahi tinggal berangkat aja, kalau suporting obat sudah disediakan. Dan yang memberikan honor pun atau mungkin ada uang saku dari mereka (pemerintah pusat),” bebernya.

Selain pengawalan langsung ke makkah, lanjutnya, mereka juga akan mengawal keberangkatan para CJH dari Kota Cimahi ke Embarkasi Haji, Kota Bekasi.

”Begitu masuk embarkasi kita lepas diserahkan ke tim sana. Penjemputan juga kami jemput,” tandasnya.

Saat ini Kementerian Agama Kota Cimahi mencatat ada sebanyak 561 CJH asal Cimahi yang akan berangkat ke tanah suci nanti. Mereka akan berangkat 15 Juli untuk gelombang pertama dengan kloter 33 sebanyak 410 jemaah dan pada gelombang 2 kloter 90 tanggal 2 Agustus sebanyak 151 jemaah. (mg5/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan