Mantan Pengguna Kampanyekan Bahaya Narkoba

BANDUNG– Dalam rang­ka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019, Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) berkolaborasi dengan Ba­dan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat menggelar Back To Zero Part 2.

Kegiatan melibatkan anak muda Kota Bandung yang juga mantan pengguna narkoba untuk berkampa­nye dan menyuarakan bahaya penyalahgunaan Napza (Narkotika, Psiko­tropika, dan Zat Adiktif lainnya).

Kegiatan ini juga didu­kung Yayasan Grapiks dan Forum Bandung Sehat (FBS).

Sebanyak 10 pemuda akan berkampanye berkeliling pulau Jawa menggunakan kendaraan roda dua. Me­reka berkeliling selama sepekan sejak Minggu (30/6/2019).

Sebelumnya Back To Zero Part 1 diselenggara­kan tahun 2018 dengan rute Bandung – Sabang, ujung Sumatera bertempat di Nol (0) Kilometer.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Ketua Umum Forum Bandung Sehat (FBS), Siti Muntamah me­lepas kampanye ini usai salat Subuh berjamaah di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Ming­gu (30/6/2019).

Oded mengapresiasi Back to Zero Part 2 ini. Men­urutnya, sebagai manusia wajib menjadi lebih baik meskipun sudah memi­liki kesalahan ataupun perbuatan yang menyim­pang. Kembali ke fitrah merupakan tujuan yang mulia.

Apapun kesalahannya, Oded berpesan agar kem­bali ke Allah SWT sebagai Tuhan untuk manusia dan memohon ampunan serta meminta petunjuk.

”Kegiatan ini bagus, mengam­panyekan bahaya narkoba kepada masyarakat. Dengan ini maka mereka akan menge­tahui begitu bahayanya nar­koba,” kata Oded.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi BNN Provinsi Jawa Barat, Anas Saepudin menyampaikan, komunikasi dan pola asuh anak dalam keluarga merupakan salah satu kunci utama untuk menge­dukasi bahaya narkoba.

”Jika sudah mengetahui, maka kurangi stigma kepada korban narkoba. Kita rangkul untuk memberikan seman­gat hidup yang lebih baik,” katanya.

Sedangkan Ketua Rom­bongan Bikers ”Bike To Zero” Rosan Januar Ishak dan teman-temannya merasa bisa mengampanyekan bahaya narkoba ke setiap penjuru di Indonesia. Salah satunya ke­tika Back to Zero Part 1.

”Meskipun perjalanan pan­jang, kita nikmati saja. Motor kita tua-tua juga ya enjoy. Terpenting niatnya ikhlas,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan