Galakan Ekspor Pertanian, Wujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

RANCAEKEK – Untuk mendo­rong Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, Balai Karantina Pertanian, Kementerian Perta­nian RI dan Balai Stasion Ka­rantina Kelas 1 Bandung mele­pas dua kontainer Jahe hasil produk pertanian di Jawa Barat.

Kepala Badan karantina pertanian pada Kementerian Pertanian Ali Jamil mengata­kan, Indonesia merupakan lumbung pangan dunia. Dengan menggalakan Ekspor pertanian, salah satunya mengekspor komoditas per­tanian ke Negara di Asia.

”Alhamdulillah, hari ini kita melepas beberapa komoditas pertanian dari Jawa Barat, untuk di ekspor ke Bangladesh,” Kata Ali kepada wartawan usai pelepasan di Rancaekek, Minggu (30/6).

Ali menjelaskan, komoditas yang diekspor berupa jahe yang dihasilkan para petani di beberapa wialayah di Jawa Barat. Pengahsil jahe di Jabar, diantaranya dari Daerah Ka­bupaten Bandung, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur dan Sumedang.

”Jahe memiliki potensi yang sangat besar, hari ini diekspor 54 ton ke Bangladesh, mudah-mudahan bisa nambah terus,” akunya.

Menurut Ali, dalam mening­katkan ekspor komoditas pertanian di Jawa Barat. Pi­haknya, sudah memiliki be­berapa program, salah satunya dengan meningkatkan per­sentase eksportir jahe.

”peningkatan eksportir yang tadinya hanya 100 harus meningkat hingga 200 persen. Dispersifikasi produk, dimana penjualan jahe bisa dalam bentuk bumbu. Termasuk untuk frekuensi pengiriman dan buka pasar baru,” akunya.Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Jabar Uung Gumilar menjelaskan, pihaknya akan terus mendorong para petani untuk meningkatkan produksi jahe. Sebab, beberapa daerah Jabar memiliki potensi untuk meningkatkan produksi jahe. Sebab, komuditas pertanian jahe cukup menguntungkan bagi petani.

”Untuk jahe, kita akan mendorong terus dikembang­kan. Harapannya ke depan, produksinya lebih baik untuk memenuhi pasar luar ne­geri. Jahe kita sudah terbuk­ti, tinggal peningkatan tek­nologi di petani kita, jenisnya ada jahe gajah, jahe merit dan jahe merah,” katanya.Menurut Uung, pihaknya akan terus berupaya agar komo­ditas pertanian yang diekspor bisa dikawal dengan baik. Jabar salahsatu daerah peng­asil jahe, dengan demikian akan terus ditingkatkan un­tuk mendorong terwujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. ara petani bisa meningkatkan produk­si untuk memenuhi permin­taan dari Negara-Negara di Asia. (mg2/rus) 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan