Pemilihan Ikon Kebahasaan di Jawa Barat

Profil peserta tahun ini berasal dari berbagai disiplin ilmu, antara lain dari jurusan bahasa, teknik, ilmu komunikasi, ekonomi, ilmu politik, kedokteran, dan ilmu kesehatan. Sementara itu, bahasa asing yang dikuasai oleh peserta terdapat 18 bahasa asing, diantaranya Inggris, Perancis, Jerman, Arab, Rusia, Belanda, Ibrani, Tagalog, dan Korea. Untuk kemampuan berbahasa daerah, terdapat 88,22% peserta yang mampu berbahasa Sunda, 6,4% mampu berbahasa Melayu Betawi, dan 5,4% berbahasa Cirebonan.

Terkait tema pemilihan Dubas Jabar 2019 tentang ”Eksistensi Bahasa Indonesia di Era Global,” Ade Mulyanah menjelaskan bahwa tema tersebut dipilih sebagai bentuk kepedulian Balai Bahasa Jabar terhadap eksistensi bahasa Indonesia dalam menghadapi tantangan global. Berdasarkan data Unesco 2018, Indonesia menduduki peringkat keenam sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di internet dan media sosial.

”Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa bahasa Indonesia akan menjadi salah satu bahasa internasional,” kata Ade.

Pelaksanaan seleksi pemilihan Dubas Jabar 2019 dibagi dalam beberapa tahap. Setelah terpilih peserta yang lolos seleksi tahap pertama, pada Selasa, 18 Juni 2019, langsung dilaksanakan seleksi tahap kedua, yaitu melalui tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Uji Kemahiran Berbahasa Asing (UKBA), menulis esai tiga bahasa, dan wawancara. Dari seleksi tahap kedua akan dipilih 40 peserta yang ditetapkan menjadi finalis untuk kembali diuji di babak final.

Rangkaian kegiatan yang akan diikuti oleh para finalis berikutnya adalah mengikuti tes seni dan budaya pada acara malam bakat yang diselenggarakan pada 22 Juni 2019, di Saung Angklung Udjo. Kemudian, sebelum pelaksanaan babak babak final, para finalis akan mengikuti pembekalan di Balai Bahasa Jawa Barat pada 24 dan 25 Juni 2019. Materi yang akan diberikan dalam pembekalan tersebut adalah materi kebahasaan (Kebijakan Bahasa, Diksi, Ejaan, Tata Kalimat, dan Penulisan Krida), Program BIPA sebagai Internasionalisasi Bahasa Indonesia, dan Wicara Publik.

Pelaksanaan final akan dilaksanakan pada 27 Juni 2019. Dari empat puluh finalis akan dipilih juara 1, 2, 3, harapan 1, dan harapan 2 putra/putri. Selain itu, akan dipilih juga pasangan Duta Bahasa Media Sosial. Keenam pasang pemenang Duta Bahasa tersebut akan menjadi ikon bahasa di Jawa Barat. Selain itu, pasangan juara 1 putra/putri secara otomatis akan mewakili Jawa Barat dalam pemilihan duta bahasa tingkat nasional tahun 2019. (DS).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan