Nilai Aset Stadion Sangkuriang Capai Rp 97 Miliar Lebih

CIMAHI –Berdasarkan hasil perhitungan tim apprasial, nilai aset terbaru untuk Gedung Olahraga (GOR) dan Stadion Sangkuriang mencapai Rp 97.022.200.000.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Achmad Nuryana, saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, Selasa (18/6).

”Penghitungan nilai aset Gor dan Staidon Sangkuriang itu dilakukan tim appraisal sekitar Desember tahun lalu,” ungkap Achmad.

Menurutnya, nilai aset stadion bersejarah itu melonjak dratis dibandingkan beberapa tahun lalu. Tepatnya sebelum pengelolaan Gor dan Stadion Sangkuriang diserahkan kepada Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM) melalui Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 12 Tahun 2011 tentang Penyertaan Modal.

”Peningkatan itu saya rasa wajar mengingkat harga jual tanah mengalami kenaikan. Kalau dulu, sebelum asetnya diserahkan ke PDJM itu sekitar Rp 14 miliar,” terangnya.

Setelah ada pengambilan dari PDJMD oleh pihak pemerintah, maka otomatis mulai saat ini pengeolaan dua tempat tersebut secara resmi sudah bisa diambil alih kembali oleh pihak Pemerintah Kota Cimahi.

”Sekarang revisi Perda tentang Penyertaan Modalnya sudah selesai. Jadi sudah bisa diambil alih semuanya,” ucap Achmad.

Sebelum aset Gor dan Stadion dikembalikan dari Pemkot Cimahi, kata Achmad, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI perihal kekosongan Direktur PDJM. Hasilnya, jika Perda revisinya sudah selesai, aset tetap bisa dikembalikan meski tanpai Direktur PDJM.

”Udah kembali lagi karena Perda-nya sudah ada, sudah keluar. Kalau Perda sudah keluar, ya sudah bisa diambil alih,” jelasnya.

Dikatakannya, Wali Kota Cimahi sebagai pemegang kekuasaan tertinggi aset dan keuangan sudah menyerahkan aset puluhan miliar itu kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi.

”Nanti akan dikembalikan ke SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) pengeolanya. Seperti Stadion Sangkuriang ke Disbudparpora,” tandasnya.

Segera Direvitalisasi

Kepala Bidang Pemudan dan Olahraga pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Cimahi, Dessy Setiawati mengakui, memang pengelolaan Kawasan Stadion Sangkuriang sudah dikembalikan ke Pemkot Cimahi.

”Kalau udah diserahkan berarti kita bisa mengelola lahan,” katanya.

Tinggalkan Balasan