Hadiri Halal Bihalal Rukun Wargi Sumedang

BANDUNG – Keluarga Besar Rukun Wargi Sumedang (RWS) dan Yayasan Pangeran Sumedang (YPS) menggelar acara Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H dengan tema ‘Dangiang Kawargian’ di Gedung Negara Sumedang, Kabupaten Sumedang, Rabu (12/6).

Acara yang digagas oleh Tokoh Budaya Sunda Pangeran Papayung Nagara, Komjen. Pol. Dr. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. ini merupakan ajang silaturahmi keluarga besar keturunan Pangeran Leluhur Sumedang bersama para tokoh dari Tanah Pasundan.

Turut hadir Tokoh Sesepuh Pasundan yang juga mantan Rais Aam PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin, Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, Forkopimda Kabupaten Sumedang, trah keluarga Kesultanan Cirebon dan Banten, serta tokoh agama, masyarakat, budayawan dan akademisi.

Bagi Iriawan, Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang pas untuk memperkuat ukhuwah kebersamaan, gotong royong, toleransi dan internalisasi identitas Turunan Leluhur Sumedang (Sunda) sebagai ahli waris budaya.

Dalam sambutannya, Iwan Bule, begitu biasa ia disapa, juga menyampaikan rasa bangga atas terpilihnya Kiyai Ma’ruf dalam Pemilu Tahun 2019 sebagai Wakil Presiden RI.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Orang Sunda, Padjajaran sekaligus keturunan Prabu Siliwangi karena terpilih sebagai Wapres RI. Sudah lama tidak ada Putra Sunda yang manggung di kancah nasional. Terakhir Wapres dari Putra Sunda adalah Pak Umar Wirahadikusumah, Wapres RI Ke- 4 yang menjabat dari tanggal 12 Maret 1983 – 11 Maret 1988,” ungkapnya.

Iwan Bule, yang juga mantan Penjabat Gubernur Jawa Barat, menambahkan bahwa terpilih nya Kiai Ma’ruf harus menjadi momentum bagi warga Jawa Barat untuk bersatu.

“Ini tonggak sejarah, sehingga membuat Orang Sunda bersatu,” pungkasnya.

Iriawan juga menilai Kiyai Ma’ruf adalah sosok yang mencerminkan sikap atau nilai-nilai Rahmatan Lil Alamin. Dalam kesempatan ini ia juga mendoakan agar Kiyai Ma’ruf sukses dalam menjalankan amanah rakyat saat menjabat Wakil Presiden RI.

“Semoga abah dapat melaksanakan amanah yang diberikan rakyat indonesia,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan silsilah keturunan leluhur Sumedang dan penyematan Pin simbol Trah Kerajaan Sumedang Larang kepada Kiyai Ma’ruf.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan