200 Pendamping UMKM Juara, Ikuti Bimbingan Teknis

Target Dinas KUK Jabar untuk program ini sebetulnya menyasar pelaku usaha kecil yang memiliki omzet di atas Rp 300 juta per tahun. Namun, karena jumlah pendaftar dari pelaku usaha skala kecil dinilai kurang bagus, Dinas KUK Jabar menurunkan persyaratan minimal omzet menjadi Rp 200 juta per tahun. Kemudian, persyaratannya kembali diturunkan menjadi Rp 100 juta per tahun.

“Setelah menjadi Rp 100 juta per tahun responnya cukup baik. Pada batch I ini tercapai 1.247 peserta dari target 2.500 UKM sepanjang 2019. Paruh kedua tahun ini akan kembali dibuka batch II,” ujarnya.

Sebagian besar peserta yang mendaftar program tersebut adalah UMKM  yang bergerak di bidang usaha makanan dan minuman. Sementara posisi kedua terbanyak ditempati UMKM fesyen.

Melalui program tersebut, menurut Kusmana, peserta akan dibimbing dan didampingi untuk bisa naik kelas. Indikator naik kelas yang ia maksud adalah mencapai kenaikan aset dan omzet usaha.

“Peserta program tersebut akan mendapatkan pendampingan selama enam bulan. Mereka juga akan mendapatkan fasilitas pelatihan, temu bisnis, benchmarking, dan promosi, baik di dalam maupun luar negeri,” katanya.

Ia mengaku berharap, melalui program tersebut, UMKM peserta bisa menemukan solusi dari beragam persoalan yang selama ini mengganjal mereka untuk naik kelas. Menurut dia, berdasarkan identifikasi di lapangan, banyak faktor yang kerap menghambat UMKM untuk bisa meningkatkan kapasitas usahanya.

“Banyak, ya, mulai dari permodalan, pemasaran. Ada juga teknologi, manajemen usaha, hingga digitalisasi. Melalui program ini mereka akan didampingi untuk mencari solusi dari persoalan tersebut,” ujarnya.

Untuk pendamping, Dinas KUK merekrut 200 orang pendamping. Mereka mendapatkan bimbingan teknis sebelum resmi diterjunkan sebagai pendamping dalam program UMKM Juara.

Selain menjadi pendamping, menurut Kusmana, untuk batch II, mereka juga dituntut untuk bisa merekrut UKM menjadi peserta program. Ia menargetkan, batch II akan diikuti lebih dari 1.250 UMKM Jabar. (rls/drx)

CAPTION:

BERIKAN SAMBUTAN: Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji saat memberikan sambutan pada acara bimtek kepada 200 pendamping UMKM Juara di Hotel Haris Fox Lite Metro Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan