Tahun 2019 Alami Peningkatan Pemudik

NAGREG – Wakapolda Jabar Brigjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, melakukan peninjauan langsung arus balik di pos pengamanan perempatan Cileunyi, Cikaledong wilayah hukum Polres Bandung dan Pos Pam Limbangan wilayah hukum Polres Garut, Jumat (7/6).

Akhmad mengungkapkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengecek situasi terkini arus Balik di Wilayah Hukum Polres Bandung, serta memantau kesiapan personel yang berjaga di setiap Pos yang tersebar. Serta memaksimalkan kinerja dan pelayanan Polri untuk mengamankan jalannya Operasi Ketupat Lodaya tahun 2019 ini. Sehingga dapat terwujudnya rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat.


“Kami berharap agar anggota yang bertugas di pos pengamanan untuk selalu memantau perkembangan situasi pada arus balik ini. Sehingga para pemudik dapat merasakan pelayanan yang diberikan Polri sangat maksimal,” ungkap Akhmad saat pemantauan.

Sementara itu, Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan mengatakan, hingga saat ini petugas Kepolisian melakukan pengaturan arus lalulintas di wilayah Cileunyi hingga Nagreg, pasalnya daerah tersebut digunakan arus mudik dan arus balik.

Menurutnya, tahun 2019 ini mengalami peningkatan kendaraan dibandingkan tahun 2018. “Sesuai data dari Hari H terjadi peningkatan drastis sebanyak 102.000 kendaraan yang keluar dari arah Nagreg, sedangkan tahun 2018 hanya 91.000 kedaraan. H+1 yang keluar dari nagreg sebanyak 117.000 kendaraan, dan 2018 hanya 95.000 kendaraan,” kata Indra.

Indra pun menjelaskan, kondisi arus lalu lintas saat ini, mulai tadi pagi sampai dengan pukul 15.00 WIB, terdata sekitar 43 ribu kendaraan yang keluar dari wilayah Nagreg. Kemudian, katanya, untuk H+2 ini dilaksanakan tiga kali one way, yang pertama dari arah Bandung menuju Garut sekitar pukul 08.30 sampai 10.30 Wib.

“Kemudian siang hari ini kami laksanakan one way bersama-sama yang pertama dari Bandung ke Limbangan dan dari kota Garut ke Bandung dari dua arah yang berbeda, sekitar pukul 13.30 sampai 15.30 Wib, hal ini dilakukan agar kemacetan tidak bertambah panjang,” jelasnya.

Dia pun menerangkan, saat ini yang melaju dari arah Bandung menuju Garut antara pemudik dan wisata. Hal tersebut terlihat apabila para pemudik lokal mereka mengambil arah bandung ke arah Limbangan, sedangkan yang wisata para pengendara mengambil jalur Bandung ke arah Leles Garut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan