ASN Dapat THR, THL Berharap Ada ‘Kadeudeuh’

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi menyiapkan angga­ran sebesar Rp 23 miliar un­tuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang akan dibagikan kepada kurang le­bih 5.000 Aparatur Sipil Ne­gara (ASN) di lingkungan Pemkot Cimahi.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Ach­mad Nuryana memastikan THR bagi para ASN di Cimahi tersebut sudah dicairkan, pada Jumat (24/5).

”Sudah dicairkan, berikut tunjangan keluarga dan juga tunjangan struktural,” terang Achmad, melalui sambungan telepon, Jumat (24/5).

Meski sudah cair, lanjutnya, namun pihaknya meminta agar para ASN bersabar sebab, pencairan Tunjangan Kiner­ja Daerah (TKD) belum bisa dicairkan. Sebab pemberian THR dan TKD itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2019 tentang THR.

”Itu terdiri dari gaji, gaji pokok tunjangan keluarga, tunjangan stuk­tu­ral dan tukin (tunjangan kinerja),” katanya.

Kemungkinan, kata Achmad, TKD itu baru bisa dicairkan pekan depan. BPKAD Kota Cimahi masih melakukan proses administrasi, seperti penghitungan pajak dan se­bagainya.

”Minggu depan sebelum cuti bersama. Kan ada perhitung­an pajak, harus di­hitung secara akurat,” terang­nya.

Khusus pemberian gaji TKD ini, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sekitar 16 miliar. Besaran TKD sendiri jumlahnya berbeda, tergantung penilaian yang dilakukan Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BP­KSDMD) Kota Cimahi ter­hadap para PNS.

”Sudah disiapkan tinggal menunggu beres perhitung­annya saja,” tandasnya.

Ber­beda dengan para ASN nya, kondisi terbalik harus dialamipara Tenaga Harian Lepas (THL) atau Non Pegawai Ne­geri Sipil (Non-PNS). Jika PNS mendapat THR serta bakal mendapat tunjangan kinerja, para THL dipastikan tak akan mendapat bonus lebaran.

”Sesuai pernyataan Men­pan, tidak mendapatkan tunjangan (THR) yang diatur di PP,” beber Kepala BPKS­DMD Kota Cimahi, Ahmad Saefulloh.

Menurut cata­tan BPKSDMD, jumlah THL atau pegawai Non PNS di lingkungan Pemkot Cimahi mencapai 2.300 lebih.

M Anwar, salah seorang THL di lingkungan Pemkot Cimahi menuturkan, ia sangat ber­harap sekali mendapatkan THR atau semacam honor tambahan jelang lebaran ta­hun ini. Sebab, uang tamba­han itu sangat berarti bagi pegawai Non PNS sepertinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan