Disparpus Akan Siapkan Alat Scanner

NGAMPRAH-Tahun ini, Dinas Kearsipan dan Perpus­takaan Kabupaten Bandung Barat menyiapkan alat pemin­dai (scanner) untuk melakukan digitalisasi dokumen-dokumen penting di lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi musnahnya arsip pendidikan dari potensi bencana alam ataupun keja­dian tak terduga lainnya.

Kepala Bidang Kearsipan pada DKP KBB Tatang Sud­rajat mengungkapkan, pi­haknya akan melakukan pe­nandatanganan nota kesepa­haman dengan sekolah-se­kolah melalui Dinas Pendi­dikan untuk mendigitalkan arsip-arsip penting, seperti ijazah. Selanjutnya, data di­gital akan diserahkan kepada sekolah masing-masing serta Dinas Pendidikan.

“Jadi jika sewaktu-waktu ada arsip yang musnah karena bencana alam ataupun hilang, orang yang kehilangan arsip tersebut tinggal datang ke sekolahnya ataupun ke Dinas Pendidikan untuk mendapat­kan kembali arsip yang hilang. Sebab, data digital yang ter­simpan nantinya bisa dicetak ulang,” katanya, Selasa (14/5/2019).

Dia menuturkan, tahun ini pihaknya mengajukan peng­adaan 2 alat pemindai, masing-masing harganya lebih dari Rp 100 juta. Namun, baru 1 unit yang bisa direalisasikan. Alat tersebut nantinya akan digunakan untuk memindai sejumlah arsip penting men­jadi bentuk digital.

Menurut Tatang, digitali­sasi arsip di lembaga-lemba­ga pendidikan ini penting lantaran sangat dibutuhkan oleh pemiliknya jika sewaktu-waktu arsip tersebut hilang. Dengan terekamnya arsip digital, arsip dalam bentuk fisik akan lebih cepat didapat.

“Pengadaan scanner untuk mendigitalkan arsip pendi­dikan ini merupakan upaya kami untuk melindungi arsip penting bagi masyarakat. Un­tuk itu, kami juga terus beru­paya menumbuhkan kesada­ran arsip kepada masyarakat dengan menggelar bintek melalui aprat desa,” tuturnya.

Selain digitalisasi arsip pen­didikan, Tatang juga men­gungkapkan, tahun ini pi­haknya akan mengakuisisi arsip-arsip penting di 4 SKPD, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Satpol PP, serta Dinas Penanaman Modal dan Pe­layanan Terpadu Satu Pintu. Sementara itu, akuisisi untuk arsip-arsip di sejumlah SKPD lainnya akan dilakukan se­cara bertahap hingga bebe­rapa tahun ke depan.

Untuk mengoptimalkan pe­layanan kearsipan, saat ini tengah dibangun depo arsip di Kompleks Pemkab Bandung Barat. Dari target 4 lantai, saat ini pembangunan depo arsip baru selesai 1 lantai. Targetnya, depo arsip sudah selesai di­bangun pada 2021.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan