Klasik Beans, Raih Community Leadership Award Tahun Ini

CIMAUNG – Koperasi Klasik Beans meraih ‘2019 Commu­nity Leadership Award’ dari organisasi lingkungan The Rainforest Alliance. Penghar­gaan, diterima langsung di­terima Pendiri Klasik Beans Eko Purnomowidi dan ang­gota Klasik Beans Deden Ri­zal Pahlevi. pada acara 32nd Spring Gala (Pesta Musim Semi ke-32) di American Mu­seum of Natural History Kota New York Amerika Serikat, Rabu 8 Mei 2019 lalu.

Setelah melalui proses se­leksi yang panjang Klasik Beans berhak meraih peng­hargaan bergengsi, atas ko­mitmen koperasi dalam pen­ghijauan hutan. Koperasi yang berada di kawasan Gunung Puntang Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung tersebut, mewakili konsep peng­embangan perkebunan kopi rakyat yang berkelanjutan.

Ketua koperasi klasik beans, Deni Glen mengungkapkan, awalnya koperasi ini didirikan sebagai relawan tanggap ben­cana dan komunitas peles­tarian hutan. Determinasi dan konsistensi dalam mengede­pankan agroforestry (perta­nian berbasis kehutanan yg lestari dan berkesinambung­an), katanya, membuat ko­perasi ini berhasil mencuri perhatian The Rainforest Al­liance.

”Awalnya kami adalah kelom­pok pecinta alam, relawan bencana dan tukang tanam pohon di hutan-hutan dataran tinggi, yang semakin kritis karena ulah oknum2 manu­sia . Kami menggunakan kopi untuk advokasi perke­bunan rakyat berbasis agro­forestry. Tujuannya tidak lain adalah memperbaiki alam yang sudah rusak, agar dapat kembali menjadi warisan un­tuk generasi masa depan yg akan datang,” ungkap Deni Glen saat di temui di Cimaung, Minggu (12/5).

Menurutnya, berbagi peng­etahuan tentang agroforestry dengan masyarakat, sebagai solusi jangka panjang atas bahaya yang ditimbulkan oleh deforestasi (penggundulan hutan). Pihaknya, terus ber­komitmen memberikan pen­didikan tentang manfaat konservasi hutan. Hingga tahun 2018, dengan melibat­kan masyarakat melalui kopi dan pelestarian tanaman en­demik, seluas 270 hektar lahan kritis di 7 titik di Jawa Barat berhasil direforestasi (dihi­jaukan kembali).

Disamping itu, Klasik Beans berhasil melahirkan kem­bali identitas kopi Jawa Barat yang sempat terlupakan se­menjak era Belanda. Kope­rasi tersebut telah memiliki rekam jejak mentereng di industri kopi tanah air.

Tinggalkan Balasan