Listrik di Setiap Rumah Akan di Audit ICA

Menurut Direktur ICA Wi­layah Asia Timur dan Teng­gara Collin May dalam per­nyataan tertulis yang diterima Tim Peliput Humas Jabar, in­dustri 4.0 dalam hal elektronik/listrik dan otomotif harus mem­punyai tembaga yang memi­liki Standar Nasional Indonesia (SNI). Tembaga memiliki ting­kat konduktif 30% lebih tinggi dibandingkan logam lainnya yang berarti meningkatkan efisiensi.

Sedangkan dalam otomotif tembaga merupakan mate­rial kunci untuk transportasi menjadi lebih bersih. Pada mobil listrik, jumlah peng­gunaan tembaga empat kali lebih banyak dibandingkan mobil konvensional.

Berdasarkan data Dari Dinas Pemadam Kebakaran di salah satu kota besar di Indonesia, pada 2016 telah terjadi kebaka­ran sebanyak 1.047 kasus dan 754 diantaranya disebabkan oleh tenaga listrik. Sementara di 2017 ada sebanyak 1.185 kasus keba­karan dan 851 diantaranya di­sebabkan oleh tenaga listrik.

Penyebab kebakaran antara lain perawatan tidak sesuai standar, terdapat bagian listrik yang terbuka, isolasi kabel yang buruk, terjadi overload pada sistem instalasi listrik. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan