Mulai Priode April 2019 Lulusan Unjani Secara Gradual Dibekali SKPI

CIMAHI – Para lulusan Uni­versitas Jendferal Ahmad Yani (Unjani) mulai priode April 2019 secara gradual turut dibekali dengan Surat Keterangan Pen­damping Ijazah (SKPI).

Rektor Unjani, Mayjen TNI (Purn) Witjaksono M.SC. NSS mengaku, pemberian SKPI dilakukan sesuai dengan ara­han dari pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permen­ristekdikti) nomor 59 tahun 2018 tentang ijazah, sertifikat kompetensi, sertifikat pro­fesi, gelar dan tata cara penu­lisan gelar di perguruan tinggi, sekaligus sebagai kon­sekuensi dari kurikulum yang berbasis KKNI.

”Dengan adanya SKPI, ma­ka seluruh aktivitas akademik maupun non-akademik lulu­san akan terekam secara kom­prehensif, sehingga membe­rikan nilai tambah berupa kemampuan-kemampuan practical yang dapat ditawar­kan terhadap dunia kerja,” kata Witjaksono, usai acara wisuda di Kampus Unjani, Kamis (25/4).

Selain SKIP, Unjani juga mulai menerapkan sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN). Sistem PIN memberi­kan rekognisi terhadap para lulusan, termasuk para user yang tidak perlu lagi khawatir terhadap adanya isu ijazah palsu.

”Kedepan keabsahan ijazah akan traceable dalam sebuah sistem daring bernama Sistem Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL),” ucapnya.

Dalam kesempatan kali ini Unjani mewisuda sebanyak 1.357 lulusan pada Wisuda Magister, Profesi, Sarjana, dan Ahli Madya. Wisuda sendiri dilaksanakan di Sasana Krida kampus Unjani Jalan Terusan Sudirman Kota Cimahi.

Witjaksono berharap lulusan Unjani bisa menjaga integri­tas dalam menjalankan pro­fesi dan mampu menangkap permintaan pasar agar diserap di dunia kerja. Sebab, men­urutnya baik buruk Unjani dilihat dari profil lulusannya.

”Integritas penting karena itulah ciri khas Unjani dan harus senantiasa diamalkan dalam dunia pengabdian. Saya yakin nilai tersebut akan men­jadi pembeda bagi lulusan Unjani,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pen­gurus Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) Adi Mulyono mengatakan, lulusan Unjani yang menjalani wisuda mem­buka babak baru untuk me­niti karier dan mengimple­mentasikan ilmu atau keah­lian yang didapat di tengah kehidupan bermasyarakat.“Harus siap mengabdikan diri kepada masyarakat dan bangsa sebagai tenaga profe­sional di bidang masing- ma­sing,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan