Bupati Bandung Barat Sebut Rotasi Dilaksanakan pada Bulan Ramadan

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat Aa Um­bara Sutisna mengisyarat­kan akan melakukan ro­tasi besar-besaran bagi ASN di lingkungan Pemkab Bandung Barat pada bulan Ramadan atau bulan de­pan. Rotasi akan dilakukan bagi eselon IV, III, dan II.

Menurut Umbara, dalam dua atau tiga minggu, pe­kerjaan dari tim penilai kinerja yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Bandung Barat Asep Sodikin harus sudah selesai sehingga pada saat Ramadan ren­cana itu sudah bisa dila­kukan. “Rencana untuk rotasi akan dilakukan pada bulan Ramadan dan sekarang tim sedang be­kerja,” kata Umbara, ke­marin.

Terkait sumber daya ma­nusia (SDM) yang dimi­liki oleh Pemkab, Umbara menyebut masalah SDM sudah ada dan pelantikan pun akan dilakukan ter­gantung selesainya peker­jaan dari tim penilai ki­nerja.

Ini menjadi rotasi dan mutasi pertama kali yang dilakukan di masa pe­merintahan Bupati dan Wakil Bupati Aa Umbara Sutisna-Hengki Kurniawan (Akur) pascadilantik pada 20 September 2018 lalu.

Dia mengaku telah mem­bentuk tim penilai kiner­ja. Tim penilai kinerja ini, mendapat instruksi untuk langsung bekerja meng­inventarisasi ASN melalui analisis kinerja.

Mulai dari pejabat eselon II hingga eselon IV di ber­bagai SKPD ataupun ke­camatan. Sehingga alasan rotasi, promosi, dan mu­tasi menjadi terukur mel­alui penilaian kinerja mereka.

Sebab ini rotasi besar-besaran maka dipastikan bakal banyak terjadi per­gantian jabatan. Oleh se­bab itu bagi yang tidak masuk kriteria atau tidak terpilih diharapkan tidak menjadi pasukan barisan sakit hati.

Sebaliknya, itu menjadi tantangan karena bagai­manapun seorang ASN harus siap untuk di tem­patkan di mana saja, ter­masuk tugas kewilayahan dengan tetap menunjuk­kan kinerja tinggi.

“Bagi yang nanti tero­tasi jangan menjadi bari­san sakit hati, karena ke­tika di tempatkan di dinas lain, bukan artinya disisi­hkan,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan