Pemilu Terumit di Dunia

JAKARTA – Sejumlah media Internasional menyebut, bahwa pemilu di Indonesia sebagai “the world`s largest direct presidential election” atau pemilihan presiden secara langsung terbesar di dunia, sekaligus terumit.

Surat kabar Inggris The Guardian dalam edisi daring mereka menggambarkan, besarnya pelaksanaan pemilu seraya mengingatkan pembaca mereka bahwa pemilu ini merupakan yang pertama yang menggabungkan antara pemilihan presiden dengan pemilihan anggota parlemen.

Sementara CNN menyebut, besarnya pemilu di Indonesia seraya mengutip laporan lem­baga kajian Australia, Lowy Institute, yang menyebut pe­milu di Indonesia merupakan satu hari pemungutan suara paling rumit yang pernah dilakukan.

Tantangan logistik penyel­enggaraan pemilu menjadi perhatian CNN yang meng­gambarkan pengiriman kertas dan kotak suara ha­rus dilakukan dengan cara tak biasa, seperti misalnya membawanya di atas kuda atau melintasi hutan be­lantara.

Selain menggambarkan per­saingan antara dua calon presiden, CNN menutup la­poran mereka tentang besar­nya jumlah pemilih muda dan upaya para calon untuk men­dekati mereka.

Sejauh ini dalam hitung ce­pat sejumlah lembaga survei yang terakreditasi, Joko Wi­dodo-Ma`ruf Amin unggul sementara atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi, digambarkan CNN, menampilkan kambing peli­haraan dan referensi ke se­rial TV Game of Thrones untuk meraih suara kaum muda, sementara Prabowo menggunakan isu pengang­guran untuk menarik perha­tian mereka.

CNN menyebutkan kemun­gkinan besar Jokowi akan terpilih untuk kedua kalinya, sekalipun pesonanya sedikit meredup akibat ketidakmam­puan meyelesaikan soal pe­langgaran hak asasi manusia di masa lalu.

Sementara itu Al Jazeera menurunkan laporan pe­milu 2019 ini sebagai per­saingan dua calon presiden dan wakil presiden dengan Jokowi-Maruf yang meng­gambarkan diri sebagai “pro­gresif sekaligus relijius” dengan Prabowo yang pernah dikaitkan dengan “pelang­garan hak asasi manusia!.

Surat kabar Singapura The Strait Times membuat laporan langsung ( live page ) mereka sendiri mengenai pemilu di Indonesia, termasuk kumpu­lan berita foto mengenai pelaksanaan pemilu yang dianggap cukup unik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan