Penataan Wisata Alam Edukasi Dorong Perekonomian Warga

CIMENYAN – Dinas Kebu­dayaan dan Pariwisata (Dis­parbud) Kabupaten Bandung lakukan penataan kawasan wisata edukasi alam, di ka­wasan Bojong Koneng Ke­camatan Cimenyan meru­pakan pelestarian alam di kawasan Bandung Utara (KBU).

Kabid Promosi Disparbud Vena Adriawan mengatakan, diluas lahan kurang lebih empat hektar yang berada dikawasan tersebut, tidak hanya bigunakan sebagai penghijauan saja. Tapi, ada pengenalan tentang manfaat tumbuhan bambu kepada pengunjung.

”Manfaat bambu ini sang­at banyak bisa buat ayaman dan kerajinan lainnya yang akan membuat tambahan rezeki buat masyarakat se­kitar,” jelas Vena saat ditemui di Soreang, Jumat (5/4).

Venna Menjelaskan, bahwa penataan kawasan di wi­layah tersebut juga sebagai untuk pelestarian tumbuhan bambu di wilayah Cime­nyan, dimana tumbuhan tersebut sangat berguna untuk kehidupan manusia.

”Saat ini penataan sudah berjalan satu Minggu. kita sudah meratakan kawasan yang akan di tanami dan jalan sudah di beri pene­rangan. Tinggal membuat sumur air bersih dan dry­nase,” tuturnya.

Dia menambahkan, pena­tan kawasan wisata tersebut ditargetkan beres di bulan Mei 2019 tahun ini. Men­urutnya, sejauh ini, angga­ran yang sudah di keluarkan mencapai Rp 500 juta untuk pemasangan PJU dan pe­merataan tanah.

”Penataan kawasan ini, dilakukan dengan melibat­kan beberapa dinas. Se­moga pelaksanaan selesai sesuai dengan yang ditarget­kan,” akunya.

Dirinya berharap, setelah dilakukan penataan kede­pannya kawasan tersebut bisa diijadikan salah satu obyek wisata. Dengan de­mikian, secara tidak langs­ung akan mendorong per­ekonomian warga sekitar meningkat.

” Akan digelar festival se­cara rutin, untuk daya tarik pengunjung. Kalau sudah banyak pengunjung, kita akan dorong masyarakat untuk berjualan makanan khas. Selain menjual makan, kita akan mempromosikan kesenian tradisional,” kata Venna.

Menanggapi rencana Dis­parbud, salah satu warga Bojong Koneng Anwar (25), sangat mengapresiasi ren­cana penataan kawasan tersebut. Pasalnya, akan menimbulkan dampak baik, yakni selain wilayahnya menjadi tampak bersih dan rapi, serta bisa meyediakan tempat untuk mencari re­zeki.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan