Beri Pelatihan untuk Solusi Hambatan UMKM

Menurut Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, kolabo­rasi pemerintah pusat dan daerah penting sebagai ba­gian dari upaya meningkatkan peran UKM dan koperasi dalam ekonomi nasional.

Apabila ekonomi tumbuh dengan baik maka akan me­ningkatkan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, sehingga mengurangi angka kemiskinan.

”Tapi tidak saja mengejar pertumbuhan ekonomi, tapi juga harus diikuti pemera­taan kesejahteraan masyara­kat. Dan program pemera­taan kesejahteraan ini tidak lepas dari peran koperasi dan UKM,” kata Puspayoga.

Menteri juga mengungkap­kan reformasi koperasi yang saat ini sedang diupayakan oleh kementeriannya. Ada tiga upaya, yakni reorientasi, rehabilitasi, dan peng­embangan.

”Kami ingin lebih ditujukan pada kualitas bukan kuantitas koperasi. Buat data base (ko­perasi) yang benar, kita rehab. Dari 209 ribu (jumlah kope­rasi yang ada secara nasional) menjadi 138 ribu, kita masuk­kan yang sehat-sehat, yang bagus-bagus. Sehingga kope­rasi itu semakin hari semakin berkualitas, anggotanya se­makin banyak,” jelas Puspa­yoga. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan