Jumlah Pemilih Disabilitas Ada 48.836 Orang

BANDUNG – Jumlah pemilih disabilitas berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat berjumlah 48.836 orang.

Kepala Divisi Sosialisasi dan Hupmas KPU Jawa Barat, Idham Holik mengatakan, berdasarjkan rinciannya pemilih disabilitas ditetapkan 13.471 dari tuna daksa, 5.487 orang tuna grahita, 8.978 orang tuna rungu, 9.126 orang pemilih tuna netra.

Dia menuturkan, KPU Jawa Barat hingga saat ini sudah melakukan beberapa kali sosialisasi terkait Pemilu 2019 bersama organisasi dan komunitas disabilitas yang ada di wilayah Jawa Barat seperti Aliansi Perempuan dan Lansia Disabilitas dan Persatuan Disabilitas Indonesia.

“Kami sudah lakukan sosialiasi beberapa kali bersama mereka sebagai bentuk komitmen kami terhadap pemilih akses. Dan Insya Allah kami akan memperhatikan betul-betul pemilih akses (disabilitas),” kata Idham seperti yang dilansir kantor berita antara kemarin. (27/3).

Untuk itu, KPU Jabar telah menginstruksikan kepada KPU tingkat kabupaten/kota agar saat merekrut petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) memperhatikan hak-hak pemilih disabilitas.

“Jadi ada penekanan dari kami bahwa tentang pentingnya pemilu akses, agar melayani pemilih sebaik-sebaiknya, khususnya kepada pemilih disabilitas,” kata dia.

Selain itu, kata Idham, berdasarkan hasil rapat dengan peserta Pemilu 2019, KPU Jawa Barat juga selalu menekankan pentingnya kampanye inklusif atau kampanye yang memperhatikan pemilih berkebutuhan khusus.

“Saya sampaikan kepada peserta pemilu agar coba menawarkan program-program terkait penyandang disabilitas,” kata dia.

“Kami memiliki komitmen moral untuk mengingatkan bahwa pemilu ini tidak sekedar lomba meraih suara terbanyak, tapi kita harus memperhatikan pemilih yang harus diperjuangkan lewat kebijakan publiknya, termasuk teman-teman kita yang disabilitas,” lanjut dia. (ant/jat)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan