RS BKKM Bukan Saingi RSUD Cicalengka

RANCAEKEK – Balai Keselamatan Kerja Masyarakat (BKKM) Provinsi Jawa Barat yang berada di Jalan Raya Rancaekek KM 27, Nanjung Mekar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung rencananya akan ditingkatkan statusnya dari tipe D menjadi rumah sakit rawat inap tipe C.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Jabar Dodo Suhendar mengatakan, keberadaan BKKM sebetulnya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para pekerja buruh. Namun, karena tingginya permintaan layanan kesehatan di wilayah itu maka Pemprov Jabar bermaksud akan meningkatkan dengan memberikan fasilitas lebih agar pelayanan BKKM menjadi semakin baik.

Menurutnya, keberadaan BKKM sendiri nantinya akan berubah statusnya menjadi rumah sakit type C secara bertahap. Namun, rumah sakit ini tidak bermaksud untuk menyaingi rumah sakit lain. Khususnya, keberadaan RSUD Cicalengka yang dikelola oleh Pemkab Bandung.

’’BKKM nantinya menjadi rumah sakit rawat inap type C. Namun, untuk tahap awal Dinkes Jabar baru tipe D nantinya akan ditingkatkan menjadi tipe C,” kata dia.

Selain itu, rumah sakit BKKM dikhususkan untuk melayani kesehatan bagi para pekerja dan buruh. Sebab, di wilayah Bandung Bagian timurbanyak kawasan industri yang memiliki pekerja puluhan ribu orang.

’’ Jadi, meskipun jaraknya hanya 1 kilometer rumah sakit BKKM dan RSUD Cicalengka bisa menjalin sinergi dan saling mendukung untuk memenuhi pelayanan kesehatan,”kata Dodo.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) Jawa Barat Dr Hilman Taufik mengatakan, rencana peningkatan pelayan rumah sakit BKKM menjadi rumah sakit rawat inap type D tidak akan bersaing dengan RSUD Cicalengka. Sebab, kedepannya BKKM akan ditingkatkan statusnya menjadi tipe C.

“ Saat ini, RSUD Cicalengka rumah sakit tipe C sedangkan rencananya rumah sakit BKKM diawali dengan tipe C secara bertahap. Makanya RSUD Cicalengka harus ditingkatkan menjadi tipe B jika perlu,”kata dia.

Menurutnya, untuk wilayah Kabupaten Bandung RSUD yang tipe B hanya ada dua rumah sakit yaitu, RS Ebah Majalaya dan RS Al-Ikhsan.

“Tentunya Bupati Bandung harus segera mendorong RSUD Cicalengka menjadi RSUD tipe B. Karena kebijakan kewenangan semuanya ada di bupati,” kata dia. (mg2/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan