KPK Temukan Uang di Laci

”Nah pihak ini bisa saja me­reka yang berada di luar Ke­menterian Agama termasuk yang menduduki jabatan politik. Ini yang sebenarnya secara teoritik sering kami sampaikan ada risiko jika ada misalnya intervensi-interven­si oleh aktor-aktor politik terhadap birokrasi,” paparnya.

Dia menyatakan, KPK tidak menutup kemungkinan untuk memeriksa Menag Lukman sepanjang dibutuhkan oleh penyidikan apalagi juga ada beberapa dokumen dan uang yang diamankan atau disita dari ruangan Menteri Agama hari ini.

Sementara itu, Sekjen PPP Arsul Sani mengatakan, peng­geledahan di Sekretariat Kan­tor PPP berlangsung kurang lebih selama dua jam. Pihaknya besikap koopera­tif terhadap proses hukum yang sedang berjalan.

”Prinsipnya kami tidak menghalang-halangi proses (penggeledagan) itu. Jadi sila­kan saja (digeledah). Apa yang mereka perlukan seperti dokumen-dokumen yang ada akan dibawa ya monggo aja silakan,” ujar Arsul ketika di­konfirmasi wartawan.

Sementara itu, Menag Lukman Hakim Saifuddin justru men­gucapkan terima kasih kepada tim KPK lantaran telah be­kerja cepat sehingga dirinya bisa melanjutkan pekerjaan.

”Ini kan penyegelan baru Jumat malam sudah selesai Jumat dan saya berterima kasih kepada KPK yang bekerja cepat sehingga tidak terlalu meng­ganggu karena sekarang saya akan bisa bekerja,” kata dia.

Menanggapi hal ini, Pakar hukum pidana dari Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad turut mengatakan, le­lang jabatan dilakukan secara terbuka. Sebab, cara ini bisa menutup celah kecurangan dalam pengisian jabatan di instansi pemerintah.

Menurutnya, kasus yang me­libatkan Romi menunjukkan bahwa sistem tersebut masih bisa diintervensi dari luar.

”Menyedihkan, lelang ter­buka hanya formalitas,” be­bernya,

Dia menilai, ada banyak dimensi terkait dengan per­dagangan pengaruh. Untuk itu, perlu kepastian hukum agar tidak menjadi multitafsir.

Dalam kasus dugaan ko­rupsi pengisian jabatan di Kemenag, Romi dijerat dengan pasal suap. Dan itu cukup tepat dipakai oleh KPK.

KPK menduga Romi turut serta mengatur pengisian jabatan di instansi tersebut. Namun, pada satu sisi ada bukti tentang pemanfaatan pengaruh tersebut dan sisi lain tidak ada korelasi langs­ung dengan jabatan Romi dengan mutasi. Sebab, aturan khusus soal perdagangan pengaruh dinilai penting di­buat. (yan/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan