Debat M&S

Topik lain tidak perlu saya tulis. Apalagi soal dana riset itu. Sangat mengecewakan. Dua-duanya. Juga tentang kebudayaan. Bahkan Kyai Ma’ruf menyatakan akan membuat dana abadi kebudayaan. Entahlah apakah negara boleh punya dana abadi. Di luar APBN. Apakah ada pikiran suatu saat negara sampai tidak punya APBN sehingga perlu dana abadi. Dana abadi bisa tepat kalau yang mengucapkan, misalnya, direktur TIM.

Yang menyenangkan kemarin itu tidak ada serangan yang bersifat pribadi. Mungkin belajar dari serangan Jokowi ke tanah Prabowo. Yang sampai sekelas pak JK membuat klasifikasi.

Dari Sandi hanya ada ‘serangan’ tersembunyi. Misalnya saat Sandi mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kyai Ma’ruf. Yang diucapkan di awal acara. “…. yang ke 76” katanya.

Yang ingin diungkapkan Sandi barangkali “Pak Kyai ini sudah tua sekali, tidak pada tempatnya ikut memperebutkan jabatan”.

Tapi Kyai Ma’ruf juga punya senjata tersembunyi. Yang diucapkan di akhir acara. “Saya memang sudah tua. Justru seluruh pengabdian saya nanti untuk anak cucu kita”, kurang lebih begitu ucapannya. Maksudnya, tidak akan ada agenda memperkaya diri. Untuk apa. Kan sudah tua. Beda dengan yang masih muda.

Semua itu tafsir saya. Tidak tahu maksud terdalam di hati mereka masing-masing.

Yang jelas keduanya lulus melewati waktu. Pak Ma’ruf masih bisa bicara jelas. Meski penampilannya lebih tua dari yang saya perkirakan.

Beliau sangat tepat membawakan kalimat-kalimat dalam bahasa Arab. Tentu. Tapi terasa dipaksakan untuk mengucapkan istilah ini dalam bahasa Inggris. “For 10 Years Challenge”. Sampai tiga kali.

Kyai Ma’ruf sempurna sekali dalam pakaian kekyaiannya. Sandi juga sempurna sekali dalam berpakaian jas. Jasnya bagus sekali.

Sandi juga sangat disiplin dalam menjalankan tata krama (manner) berjas. Ia selalu membuka kancing saat duduk. Dan mengancingkannya kembali saat berdiri. Hanya sekali ia lupa mengancing jas saat berdiri. Yakni di akhir debat. Saat menjawab pertanyaan terakhir Kyai Ma’ruf.

Kalau boleh usul: lain kali warna merah dasinya bisa sedikit lebih merah. Dan lebar dasinya bisa sedikit dikurangi. Selebihnya Sandi keren habis dalam berpakaian kemarin malam.(dahlan iskan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan