Caleg Nasdem Ingin Industri Lokal Jawa Barat Harus Naik Kelas

Terpisah, peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menilai, perlu adanya perhatian yang lebih besar lagi dari pemerintah, baik pusat maupun daerah guna mengembangkan industri-industri lokal.

Salah satunya adalah dengan pemberian insentif fiskal, yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Diamini, pengembangan industri lokal, adalah salah satu hal penting pembangunan.

“Bagi industri di daerah, harusnya mendapatkan intensif fiskal. Jadi misalnya banyak keringanan perpajakan, khususnya pajak daerah, terutama bagi industri-industri yang terkena pukulan ekonomi,” ujarnya, Senin (18/3).

Selain itu, lanjut dia, kemudahan bagi industri lokal untuk mendapatkan bahan baku produksi dengan didukung melalui kerjasama antara pemerintah daerah.

“Ketersediaan infrastruktur yang memadai juga menjadi salah satu penunjang utama dalam pengembangan industri lokal,”ucap dia.

Selain itu, pembagunan infrastruktur di daerah itu sendiri membuat mahal biaya logistik. Sebab, sejauh ini itu kondisi infrastruktur belumlah merata.

Bhima menambahkan, sebetulnya penguatan industri lokal sendiri adalah fokus dari Revolusi Industri 4.0. Upaya tersebut merupakan implementasi Peta Jalan Making Indonesia 4.0.

“Indonesia siap menapaki industri digital baik dari segi infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM).Riset industri, baik di pusat dan di daerah, mutlak diperlukan,”kata dia (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan