oleh

Klaim Sukses Bangun Karakter dan Mental

JAKARTA – Deputi bidang kordinator budaya, Kementerian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Nyoman Faridz, mengatakan dalam gerakan Indonesia melayani di era kepemimpinan Jokowi dan Jusuf Kalla telah banyak pencapaian yang berhasil diwujudkan. Hal tersebut disampaikan dirinya dalam sebuah Diskusi Media bertajuk ‘Membangun Karakter dan Mental SDM Indonesia, Kementrian bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kantor Staff Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/3).

Pencapaian yang dimaksud, lanjut Nyoman menjelaskan yang paling terlihat adalah terkait perubahan sistem perekrutan aparatur sipil negara (ASN) yang sudah menggunakan sistem test melalui computer. Sehingga selain mengetahui kompetensi yang dimiliki setiap kandidat, program bersih dari KKN pun dapat terciptakan.

“Melalui computer assisted test (CAT) kualitas SDM meningkat, tidak dipungut biaya serta bebas KKN. Kedua, layanan dasar berbasis masyarakat yakni infrastruktur pelayanan publik dilengkapi sarana antri, ruang tunggu dan layanan 24 jam, sedangkan penerima manfaat sampai dengan tahun 2017 KIS 92,4 juta penduduk, KIP 19,7 juta, target JKN 2019 adalah 100 persen penduduk. Ketiga, layanan publik berbasis online ada lebih dari 100 layanan publik berbasis online milik pemerintah,” paparnya.

Seputar peningkatan kesejahteraan masyarakat, Nyoman menjelaskan melalui program keluarga harapan (PKH) berupa bantuan sosial bersyarat (conditional cash transfer) yang diberikan kepada keluarga miskin yang memiliki kondisional kesehatan dan pendidikan, dinilai sangat efektif dalam pemerataan kesejahteraan sosial .

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga