Terus Berinovasi, Laboratorium Ilkom Unpas Miliki Layanan Terpadu Berbasis Digital

BANDUNG – Laboratorium Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Pasundan (Unpas) Kota Bandung, beri layanan ter­padu yang berbasis digital guna memudahkan para mahasiswa dalam mengatur administrasi perkuliahan. Pelayanan tersebut berbentuk aplikasi yang sudah bisa diunduh oleh mahasiwa maupun pengajar laboratrium.

Wawan Wartono, Koordinator Laboratorium Ilkom Unpas

Koordinator Laboratorium Ilkom Unpas, Wawan Wartono men­gungkapkan, pelayanan labora­torium terpadu yang berbasis digital ini adalah upaya untuk menyosong visi Unpas menjadi lembaga pendidikan tinggi yang bertaraf internasional.

“Selama 4 tahun ini (Lab. Ilkom Unpas) banyak perombakan, jadi misalnya dari administrasi ada aplikasi online untuk maha­siswa, pengajarnya. Masalah administrasi dulu susah, sekarang permasalahan itu tidak ada lagi,” Kata Wawan di Universitas Pa­sudan, Jalan Lengkong Besar No. 68, Kota Bandung, Kamis (28/2).

Pasalnya, dia mengatakan, ke­tika bertemu dengan Koordina­tor Laboratorium se-Indonesia waktu lalu, perguruan tinggi lain masih menggunakan sistem ma­nual. Melalui inovasi pelayanan digital ini, mengurus adminis­trasi dapat lebih efektif dan efisien.

“Kemudahan yang diberikan melalui sistem ini seperti nilai, jadwal, sampai mengurus serti­fikat dapat diliat selama 24 jam. Mengurus administrasi dari 400-an mahasiwa bisa selesai dalam dua hari. Aplikasinya tinggal download “ imbuhnya.

Adapun Laboratorium Ilkom Unpas menaungi 7 fasilitas se­perti laboratorium public spea­king, presentasi, fotografi 1, fo­tografi 2, film, desain grafis, hingga radio. Sedangkan di tahun depan, Laboratorium Ilkom Un­pas akan menambah sejumlah fasilitas baru antara lain basic drone dan advance drone serta videografi.

Wawan berharap inovasi yang dilakukannya dapat diikuti oleh prodi-prodi lain di Unpas bahkan seluruh Indonesia.

“Untuk menjadi pendidikan tinggi bertaraf internasional seperti di luar negerikan sudah menggunakan sistem yang berbasis digital,” pungkasnya. (adv/mg4/him/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan