Kandang Komunal Ramah Lingkungan

“Satu unit kandang sapi komu­nal itu, untuk menampung ternak warga yang tinggal di wilayah hulu Sungai Citarum. Tapi, belum memadai dengan jumlah peternak yang ada se­hingga perlu adanya penam­bahan lagi,” tuturnya

Tisna mngatakan, menurut data dari Badan Pusat Statis­tik (BPS) per Maret 2018, jumlah sapi potongnya saja mencapai 28.366 ekor. Se­cara mendesak kami mem­butuhkan sekitar 5 unit untuk ditempatkan di dua wilayah Kecamatan Kertasari dan Pangalengan.

”Jumlah peternak sapi di wilayah kertasari dan panga­lengan sangat banyak, se­hingga rencana pembuatan kandang kumunal akan dilo­kasi itu. Sebab, dengan kan­dang komunal akan memu­dahkan segalanya,” kata Tisna.

Tisna menambahakn, ada­pun untuk meningkatkan jumlah produksi susu atau daging sapi. Pihaknya, telah melakukan beragam upaya. Diantaranya dengan men­distribusikan bantuan bibit ternak jenis unggul dan memberikan pembinaan mengenai cara-cara beter­nak yang baik dan produk­tif kepada semua peternak di Kabupaten Bandung.

“Selain itu kami juga beru­paya meningkatkan pro­duksi pakan ternak melalui penanaman hijauan maka­nan ternak yang berkualitas, serta menjaga produktivitas ternak melalui teknologi inseminasi buatan,” tutup Tisna. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan