3,6 Juta Surat Suara untuk Pemilu Tiba di KPU KBB Hari Ini

NGAMPRAH– Sebanyak 3,6 juta surat suara untuk Pemilu 2019 tiba hari ini (Kamis/28/2) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat di Jalan Raya Purwakarta Nomor 430, Tagogapu, Padalarang sekitar pukul 10.30 WIB. Surat suara tersebut mendapat pengawalan langsung dari pihak kepolisian. Surat suara tahap satu terdiri dari DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD KBB. Sementara, surat suara untuk Pilpres dan DPD dijadwalkan tiba pada pertengahan Maret mendatang.

Berdasarkan catatan KPU Bandung Barat, rincian surat suara terdiri dari DPR RI Dapil Jabar 2 sebanyak 1.213.886 surat. DPRD Provinsi Dapil Jabar 3 sebanyak 1.214.886 suara. DPRD Kab/Kota Dapil 1 sebanyak 263.631 suara. DPRD Kab/Kota Dapil 2 sebanyak 246.264 suara. DPRD Kab/Kota Dapil 3 sebanyak 262.945 suara. DPRD Kab/Kota Dapil 4 sebanyak 223.785 suara. DPRD Kab/Kota Dapil 5 sebanyak 222.264 suara. Total mencapai 3.647.661 suara.

“Baru tiga jenis surat suara yang kami terima dan jumlahnya mencapai 3,6 jutaan lembar surat suara. Untuk surat suara Pilpres dijadwalkan akan tiba pada 16 Maret dan surat suara DPD itu pada 13 Maret. Mudah-mudahan bisa lebih cepat supaya kami terus melakukan persiapan,” kata Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat, Adi Saputro kepada Jabar Ekspres, Kamis (28/2).

Rencananya, kata dia, pada Jumat (1/3) pihaknya akan melakukan pengecekan surat suara. Selanjutnya, sebanyak 800 orang yang bertugas untuk melakukan penyortiran, pelipatan hingga packing sudah siap bekerja. “Petugas khusus penyortiran dan pelipatan sudah siap. Kita akan cek takutnya ada yang rusak, kalau ada pasti akan kami laporkan langsung ke KPU pusat untuk diganti dengan yang baru” katanya.

Adi menjelaskan, jika surat suara sudah diterima seluruhnya, dijadwalkan pada awal April mendatang akan mulai didistribusikan dari KPU ke tingkat kecamatan, desa hingga TPS. Teknisnya surat suara tersebut di simpan di dalam kotak suara bersama formulir. Termasuk ada juga logistik yang di luar kotak suara. “Awal April akan kita mulai distribusikan logistik yang akan dikirim ke berbagai daerah,” ungkapnya.

Selain itu, ujar dia, KPU saat ini tengah mempersiapkan seleksi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dibutuhkan mencapai angka 35.616 orang. “Untuk rekrutmen KPPS ini dibuka serentak di setiap daerah termasuk di Bandung Barat mulai 28 Februari dan berakhir pada 27 Maret. Sekarang kita lagi proses screening. Harapannya semua bisa lancar dan aman selama proses tahapan,” katanya seraya menyebutkan jumlah kotak suara mencapai 25.648 buah dengan jumlah pemilih mencapai 1,2 juta orang. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan